Ilustrasi ibu dan anak remaja/istimewa
Health

Ini 6 Cara Membesarkan Anak Menjadi Penyayang

Novita Sari Simamora
Jumat, 4 Desember 2020 - 13:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Setiap anak yang dilahirkan ke dunia harus diberikan kasih sayang terus menerus, agar tumbuh menjadi anak yang baik dan penuh kasih.

Bila orang tua membesarkan dengan penuh keegoisan dan kemarahan maka anak akan menjadi peniru ulung orang tuanya. Ingatlah, untuk membesarkan seorang anak maka orang tua harus menanamkan kebaikan dan empati.

Mengutip dari Pink Villa, Jumat (4/12/2020), berikut 6 cara mendorong anak agar menjadi makhluk yang lebih penyayang dan baik hati:

1. Ajari anak dengan memberikan referensi

Cara terbaik untuk mengajar anak-anak adalah dengan memberi mereka referensi. Ajak anak untuk bercerita dan jadilah pendongeng bagi anak-anak Anda.

Ceritakan kisah atau kejadian yang positif dan yang membuktikan bahwa berbelas kasih adalah kebajikan yang baik dengan konsekuensi yang baik.

2. Perlakukan anak Anda dengan hormat

Jika Anda memperlakukan anak-anak Anda dengan hormat, maka Anda akan menerima perlakuan yang sama dari mereka. Ini semua tentang membalas cinta dan kebaikan

3. Ekspresikan emosi Anda di depan anak-anak

Tunjukkan kepada anak-anak Anda bahwa cinta, kasih sayang, dan kebaikan bukanlah tanda kerentanan dan sebenarnya, itu adalah tanda keberanian dan kekuatan.

Dengan mengekspresikan emosi Anda, mereka akan melihatnya sebagai hal yang normal dan mencoba menyerap hal yang sama.

4. Akui kebaikan

Jangan mengabaikan kebaikan di depan anak-anak Anda. Jadilah teladan bagi anak-anak Anda dan tunjukkan kepada mereka dengan memperlakukan orang lain dengan tingkat rasa hormat dan kebaikan yang sama.

Pastikan untuk mengakui kebaikan dari orang lain di depan anak-anak Anda dan lebih sering menghargai orang lain. 

5. Batasi lingkungan yang tidak sehat atau beracun

Batasi diri Anda dari mengumpat atau memaki di depan anak-anak Anda. Cobalah bersikap lebih sopan dan tidak terlalu agresif dalam perilaku Anda terhadap mereka.

Jika Anda merasa marah, jangan melampiaskannya kepada anak-anak Anda karena dapat menimbulkan lingkungan yang beracun.

6. Beri tahu anak Anda untuk bersyukur dan membantu 

Ajari anak Anda di usia muda bahwa tidak ada yang mudah dan tidak semua orang cukup beruntung untuk memiliki kehidupan mewah. Berikan contoh bagi mereka dengan membantu mereka yang kurang beruntung ketika Anda memiliki lebih dari apa yang Anda butuhkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro