Perkantoran dan properti komersial di Gangnam, Seoul, Korea Selatan./Bloomberg/Bloomberg/Seong Joon Cho
Kuliner

Korea Selatan Akhirnya Perbolehkan Pengunjung Restoran dan Kafe Makan di Tempat

Rezha Hadyan
Senin, 18 Januari 2021 - 11:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Kesehatan Korea Selatan menyatakan restoran, kafe akan diizinkan untuk menawarkan layanan makan malam hingga jam 9 malam mulai Senin (18/1/2021) setelah sebelumnya sempat dilarang untuk menekan penyebaran Covid-19 di negara tersebut.

Pemerintah sebelumnya mengizinkan kedai kopi hanya melayani pengantaran dan pengiriman, yang menimbulkan protes dari pemilik yang mengklaim bahwa tindakan antivirus telah diterapkan secara tidak adil antar bisnis.

Gereja-gereja akan diizinkan untuk mengadakan kebaktian secara langsung dengan syarat hanya mengizinkan jemaat dengan kapasitas hingga 10 persen di wilayah metropolitan Seoul, yang meliputi Provinsi Incheon dan Gyeonggi, dan hingga 20 persen kapasitas di seluruh negara.

Gym dalam ruangan, sekolah, dan tempat karaoke di wilayah metropolitan Seoul akan diizinkan untuk melanjutkan operasi dengan syarat kapasitas maksimum satu orang per delapan meter persegi.

Pemerintah Korea Selatan menyesuaikan pedoman antivirus terperinci yang diterapkan pada bisnis, sambil memperluas langkah-langkah jarak sosial Level 2.5 saat ini - tertinggi kedua dalam sistem lima tingkatnya - untuk wilayah metropolitan Seoul, dan Level 2 untuk bagian lain negara selama dua minggu hingga 31 Januari 2021.

Selain itu, Pemerintah Korea Selatan juga telah memutuskan untuk mempertahankan larangan pertemuan pribadi lima orang atau lebih dan pembatasan operasi bisnis setelah jam 9 malam.

"Kami menyadari bahwa penyesuaian pedoman antivirus terbaru mungkin tidak cukup untuk mengurangi kesulitan yang dihadapi pemilik usaha kecil, tetapi kami ingin meminta warga untuk bekerja sama selama sekitar satu bulan lagi untuk memulihkan harapan," ujar Perdana Menteri Korea Selatan Chung Sye-kyun mengutip The Korea Times pada Senin (18/1/2021).

Keputusan pemerintah untuk memperpanjang level jarak saat ini dan menyesuaikan pedoman terperinci datang karena kasus virus baru harian negara itu tetap di 500-an dalam beberapa hari terakhir, tanpa menunjukkan tanda-tanda khusus perlambatan.

Penyesuaian pedoman oleh pemerintah, bagaimanapun, telah menerima reaksi beragam dari bisnis - pemilik kafe menyambut baik keputusan tersebut, sementara pemilik bar mengeluh.

"Saya senang pemerintah melonggarkan pembatasan pada kafe. Saya telah mengalami penurunan lebih dari 70 persen dalam penjualan saya sementara larangan diberlakukan pada kafe untuk menawarkan layanan makan di tempat," kata Kim Ji-min, yang menjalankan bisnis kopi. berbelanja di Distrik Jungnang Seoul.

Sementara itu, pemilik bar menyatakan kekecewaan mereka karena mereka mengharapkan pemerintah untuk melonggarkan pembatasan yang memaksa bar tutup setelah jam 9 malam. Mereka mengatakan pembatasan seperti itu berlebihan karena ini merupakan bisnis larut malam.

Keputusan pemerintah untuk meringankan beban bisnis yang terkena virus juga meningkatkan kekhawatiran atas kemungkinan lonjakan jumlah infeksi karena bulan-bulan musim dingin menawarkan lingkungan yang menguntungkan bagi penyebaran virus.

Pakar kesehatan mengatakan kerja sama warga akan menjadi kunci keberhasilan upaya antivirus bangsa.

"Jika setiap warga negara mematuhi pedoman antivirus pemerintah, tidak akan ada lonjakan mendadak dalam jumlah infeksi," kata Jung Ki-suck, profesor pulmonologi di Universitas Hallym.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro