Vaksin Moderna
Health

Penerima Vaksin Covid-19 Moderna di California Dilaporkan Alami Reaksi Alergi Parah

Rezha Hadyan
Kamis, 21 Januari 2021 - 15:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Seorang epidemiolog di California, Amerika Serikat mendesak penghentian vaksinasi Covid-19 terhadap 300.000 orang menggunakan vaksin Moderna karena beberapa orang mengalami reaksi alergi yang parah.

Melansir PBS pada Kamis (21/1/2021), Epidemiolog Erica S. Pan mendesak Pemerintah California untuk berhenti menggunakan lot 41L20A dari vaksin Moderna menunggu selesainya penyelidikan otoritas kesehatan dan pengawas obat dan makanan setempat.

“Karena kewaspadaan yang berlebihan dan juga mengakui pasokan vaksin yang sangat terbatas, kami merekomendasikan agar penyedia menggunakan inventaris vaksin lain yang tersedia,” kata Pan dalam sebuah pernyataan.

Dia mengatakan lebih dari 330.000 dosis dari lot tiba di California antara 5 Januari dan 12 Januari dan didistribusikan ke 287 penyedia.

Kurang dari 10 orang, yang semuanya menerima vaksin di situs komunitas yang sama, membutuhkan perhatian medis selama 24 jam, kata Pan. Tidak ada cluster serupa lainnya yang ditemukan.

Pan tidak merinci jumlah kasus yang terlibat atau di mana kasus itu terjadi. Namun, enam petugas kesehatan San Diego mengalami reaksi alergi terhadap vaksin yang mereka terima di pusat vaksinasi massal pada 14 Januari 2021. Situs itu ditutup sementara dan sekarang menggunakan vaksin lain, KTGV-TV melaporkan.

Moderna dalam sebuah pernyataan mengatakan perusahaan tidak menyadari efek samping yang sebanding dari pusat vaksinasi lain yang mungkin telah memberikan vaksin dari tempat yang sama."

Otoritas pengawas obat dan makanan AS mengatakan vaksin Covid-19 dapat menyebabkan efek samping selama beberapa hari yang meliputi demam, menggigil, sakit kepala, bengkak atau kelelahan, "yang merupakan tanda normal bahwa tubuh Anda sedang membangun perlindungan."

Namun, reaksi parah sangat jarang terjadi. Pan mengatakan dalam vaksin yang mirip dengan Moderna, tingkat anafilaksis - di mana reaksi sistem kekebalan dapat menghalangi pernapasan dan menyebabkan tekanan darah turun - sekitar 1 dari 100.000.

Pengumuman itu datang ketika negara bagian California terus memohon lebih banyak vaksin COVID-19 ketika negara berusaha mengurangi tingkat infeksinya, yang telah menyebabkan rekor jumlah rawat inap dan kematian.

California, dengan populasi 40 juta, telah menerima sekitar 3,5 juta dosis vaksin dan hanya memberikan sekitar sepertiganya. Sejauh ini. negara bagian telah memvaksinasi hanya 2.468 orang per 100.000 penduduk, tingkat yang jauh di bawah rata-rata nasional, menurut data federal.

Meskipun Gubernur California Gavin Newsom pekan lalu mengumumkan mengatakan siapa pun yang berusia 65 ke atas akan memenuhi syarat untuk mulai menerima vaksin, Los Angeles County dan beberapa lainnya mengatakan mereka tidak memiliki dosis yang cukup untuk memvaksinasi begitu banyak orang dan berkonsentrasi pada penyuntikan pekerja perawatan kesehatan. dan lansia paling rentan yang tinggal di panti jompo terlebih dahulu.

Saat ini, California telah mencatat kasus Covid-19 di negara bagian tersebut sebanyak 3 juta kasus. Lebih dari 33.600 orang telah meninggal DUNIA sejak awal pandemi tahun lalu. Tingkat kematian akibat Covid-19 disana mencapai sekitar satu orang setiap enam menit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro