Ilustrasi/Livescience
Health

Kaki Bau dan Masalah Usus Jadi Tanda Gejala Diabetes Tipe 2

Mia Chitra Dinisari
Senin, 10 Mei 2021 - 01:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Diabetes tipe 2 adalah kondisi kronis yang ditandai dengan kadar gula darah yang tidak stabil. Menurut ahli gizi Claudia le Feuvre, kondisi tersebut dapat menyebabkan serangkaian gejala terkait IBS, atau iritasi usus besar.

Ahli gizi Claudia le Feuvre, menguraikan gejala yang sangat mirip dengan sindrom iritasi usus besar (IBS).

IBS adalah kondisi umum yang memengaruhi sistem pencernaan. Ini menyebabkan gejala seperti kram perut, kembung, diare dan sembelit.

"Diabetes tipe 2 dapat mempengaruhi struktur dan fungsi usus besar yang biasanya menyebabkan gejala gastrointestinal bagian bawah," jelas le Feuvre dilansir dari Express.

Ini dapat menyebabkan gejala seperti IBS, seperti sembelit, diare, perut kembung, kembung, dan sakit perut, dia memperingatkan.
Cara mengobati gejala gastrointestinal

Selain gangguan pencernaan gejala diabetes lainnya yang bisa dideteksi yakni kaki yang berbau busuk bisa jadi merupakan tanda gula darah tinggi.

Alasannya, karena diabetes sangat meningkatkan risiko seseorang mengalami masalah kaki, termasuk bisul, nyeri tumpul, dan kaki bau. Ketika gula darah selalu tinggi, masalah saraf dapat berkembang, yang mungkin terlewatkan.

Hilangnya sensasi di kaki karena gula darah tinggi bisa menyamarkan luka terbuka yang mungkin mengeluarkan cairan berbau busuk. Ini adalah saat menggunakan hidung dan penglihatan Anda mungkin mengungkap diabetes yang tidak diobati.

Lain kali Anda melihat kaki dan jari kaki Anda dengan baik, perhatikan apakah kulit "berkilau" atau "halus", apakah tidak ada rambut di jempol kaki, atau di kaki, jika sebelumnya ada rambut di sana.

Apakah kakinya terlihat bengkak? Apakah ada luka terbuka yang bisa Anda lihat tetapi tidak bisa Anda rasakan? Apakah ada sensasi di kaki Anda?

Kesemutan, rasa terbakar, atau nyeri tumpul bisa menjadi tanda gula darah tinggi.

Meskipun kaki telah berubah warna, dingin atau panas, atau tidak berkeringat, inilah saatnya untuk membuat janji dengan dokter Anda.

Masalah kaki yang serius dapat (dan memang) menyebabkan amputasi jika dibiarkan

Gejala diabetes berangsur-angsur merayap pada seseorang, jadi Anda mungkin tidak menyadari bahwa Anda menunjukkan tanda-tanda jika sudah lama mengidapnya. Diabetes UK mencantumkan gejala umum diabetes:

1. Sering ke toilet, apalagi di malam hari.
2. Benar-benar haus.
3. Merasa lebih lelah dari biasanya.
4. Menurunkan berat badan tanpa berusaha.
5. Gatal kelamin atau sariawan.
6. Luka dan luka membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh.
7. Penglihatan kabur
8. Rasa lapar meningkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro