Zoom Video Communications, Inc. /zoom.us
Fashion

4 Aplikasi yang Wajib Dimiliki Pengusaha di Era Pandemi

Janlika Putri Indah Sari
Senin, 14 Juni 2021 - 11:37
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menjalankan usaha atau merintis bisnis di era pendemi seperti saat ini akan begitu menantang bagi semua orang. Akan ada beberapa kendala baru yang membuat bisnis mengalami pasang surut. Apalagi, kebijakan pembatasan sosial membuat pelaku bisnis sulit melakukan tatap muka langsung.

Namun, teknologi membantu para pebisnis atau pengusaha bisa beradaptasi dan memanfaatkannya. Agar bisnis tetap efisien dan efektif di era pandemi, berikut Bisnis rangkum aplikasi yang wajib dimiliki pelaku bisnis saat Covid-19 :

1. Zoom

Di masa pandemi, aplikasi Zoom sangat berguna untuk tetap berkomunikasi. Zoom membatu tetap terhubung meskipun harus menjaga jarak tanpa bertatap muka langsung. Para pelaku pengusaha dapat bertemu rekan kerja secara virtual. Zoom dapat digunakan secara gratis hanya dengan bermodalkan kuota.

2. Trello

Aplikasi Trello merupakan salah satu aplikasi canggih yang dapat digunakan untuk mengatur jadwal. Dan, jadwal atau informasi yang ditulis bisa dibagikan pada tim. Caranya hampir seperti menggunakan twitter atau facebook. Namun, pengguna bisa atur siapa saja yang bisa melihat unggahan yang dibuat. Untuk menjadi anggota grup, caranya dengan mengundang alamat email orang diinginkan untuk melihat postingan tersebut.

3. Google Drive

Jika saat bertemu langsung, cara membagikan file biasanya meggunakan perantara USB atau memori eksternal. Namun, kini data tersebut bisa di simpan di Google Drive. Google Drive merupakan sebuah aplikasi penyimpanan data yang bisa digunakan secara gratis. Mulai dari menyimpan foto, vidio, word, pdf dan lainnya. Nantinya, penggunanya hanya perlu membagikan link dari file Google Drive tersebut pada rekan bisnis.

4. MailChimp

MailChimp bisa disebut sebagai layanan email marketing untuk berbagai keperluan. Seperti, membuat newsletter dan mengirimkannya secara berkala pada seluruh pelanggan. Saat sedang merintis bisnis, salah satu aplikasi ini yang bisa digunakan untuk membagikan informasi kepada pelanggan melalui email. MailChimp membantu pemasaran dan publikasi sebagai hal penting untuk mengembangkan bisnis. Selaain itu, untuk menyimpan database klien potensial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro