Minyak zaitun bisa mengatasi sembelit/tsmc.com.au
Health

13 Makanan yang Bisa Meredakan dan Mengobati Sembelit

Yuliana Hema
Selasa, 15 Juni 2021 - 13:58
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Sembelit adalah keluhan umum yang sering diakibatkan oleh pola makan dan gaya hidup. Kebiasaan buang air besar setiap orang berbeda, tetapi orang yang mengalami sembelit biasanya buang air besar kurang dari tiga kali seminggu.

Namun tidak perlu khawatir, ada beberapa makanan tertentu dapat membantu meningkatkan frekuensi buang air besar. Dilansir dari Medical News Today, berikut 13 makanan sehat dan alami yang dapat menangkal sembelit sekaligus meningkatkan pergerakan usus:

  1. Air 

Dehidrasi adalah penyebab umum sembelit karena usus tidak dapat menambahkan cukup air ke tinja. Untuk itu cara yang cukup ampuh dengan minum banyak air secukupnya. 

  1. Yogurt dan kefir 

Probiotik sering disebut bakteri "baik", dan mereka dapat membantu meningkatkan kesehatan usus dan melunakkan tinja. Banyak produk susu yang mengandung probiotik, termasuk yogurt dan kefir. 

  1. Kacang-kacangan halus

Kebanyakan kacang, buncis, dan kacang polong sangat tinggi serat, yang merupakan nutrisi yang meningkatkan pencernaan yang baik dan mengurangi sembelit. 

  1. Sup bening

Cairan dan makanan hangat seperti sup bening umumnya lebih mudah dicerna. Sup bening dapat menambah kelembapan pada tinja yang keras dan padat, yang dapat melunakkannya, membuatnya lebih mudah untuk dikeluarkan.

  1. Plum 

Plum dan jus plum adalah obat rumah yang telah teruji waktu untuk sembelit di banyak bagian dunia. Plum mengandung banyak serat, nutrisi yang dikenal untuk memudahkan dan mempercepat buang air besar.

makanan untuk mengobati sembelit
makanan untuk mengobati sembelit

  1. Tepung Gandum Kasar

Wheat bran atau tepung gandum kasar salah satu  obat rumah populer lainnya untuk sembelit. Wheat bran kaya serat tidak larut, yang dapat mempercepat aliran bahan melalui usus.

  1. Brokoli 

Brokoli mengandung sulforaphane, zat yang dapat melindungi usus dan memperlancar pencernaan. Zat berfungsi untuk mencegah pertumbuhan berlebih dari beberapa mikroorganisme usus yang dapat mengganggu pencernaan.

  1. Apel dan pir 

Apel dan pir mengandung beberapa senyawa yang meningkatkan pencernaan, termasuk serat, sorbitol, dan fruktosa. Terlebih lagi kedua buah ini memiliki kadar air yang tinggi. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal makanlah apel dan pir mentah dan utuh, dengan kulit utuh.

  1. Anggur 

Anggur salah satu buah yang kaya akan serat dan juga mengandung banyak air. Untuk meringankan sembelit, cobalah makan beberapa genggam anggur mentah yang sudah dicuci. 

  1. Kiwi 

Kiwi juga mengandung serat yang dapat menambah jumlah besar pada tinja dan mempercepat aliran usus. Kiwi juga mengandung actinidine, enzim yang mendorong pergerakan di saluran pencernaan. 

  1. Blackberry dan raspberry

Blackberry dan raspberry kaya akan serat dan air, yang keduanya dapat meringankan sembelit. Cobalah makan satu atau dua genggam blackberry atau raspberry mentah yang dicuci setiap hari.

  1. Roti gandum, sereal, dan pasta

Produk gandum utuh merupakan sumber serat tidak larut yang sangat baik, yang menambah berat tinja dan mempercepat aliran bahan melalui usus. Untuk mendapatkan nutrisi paling banyak dari produk gandum utuh, makanlah secara mentah atau dimasak sebentar.

  1. Minyak zaitun dan biji rami

Minyak zaitun dan biji rami memiliki efek pencahar ringan, yang dapat memperlancar aliran bahan melalui usus dan meredakan sembelit. Minyak ini juga mengandung senyawa yang meningkatkan pencernaan dan memiliki sifat antioksidan, antibakteri, dan anti-inflamasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yuliana Hema
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro