Ilustrasi orang sedang pilek
Health

Waspada, Sakit Kepala dan Pilek jadi Gejala Covid-19 Varian Delta

Sartika Nuralifah
Selasa, 15 Juni 2021 - 14:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Peneliti mengatakan, saat ini sakit kepala, sakit tenggorokan, dan pilek menjadi gejala yang paling sering disebutkan terkait dengan infeksi Covid di Inggris.

Prof Tim Spector, yang sedang menjalankan studi Zoe Covid Symptom mengatakan apabila kita tertular virus COVID-19 varian Delta hal yang dirasakan oleh orang-orang yang lebih muda adalah "lebih seperti pilek”.

Tetapi meskipun mereka mungkin tidak merasa sakit parah, mereka bisa menular dan membahayakan orang lain. Siapa pun yang mengira mereka mungkin memiliki Covid harus menjalankan tes.

Menurut NHS, gejala umum bagi orang-orang yang terkena virus Covid dan harus kita waspadai adalah batuk, demam, kehilangan penciuman dan hilangnya rasa. Tetapi Prof Spector mengatakan bahwa gejala tersebut sekarang kurang umum, berdasarkan data yang diterima tim Zoe dari ribuan orang yang telah mencatat gejala mereka di sebuah aplikasi.

Perubahan itu tampaknya terkait dengan peningkatan varian Delta, yang pertama kali diidentifikasi di India dan sekarang menyumbang 90% dari kasus Covid di Inggris. Prof Spector mengatakan bahwa demam tetap cukup umum tetapi kehilangan penciuman tidak lagi muncul di 10 gejala teratas.

“Off” Feeling

Varian delta tampaknya bekerja sedikit berbeda. Menurut Prof Spector, orang-orang mungkin mengira mereka baru saja terkena flu musiman sehingga mereka masih bepergian keluar.

"Kami pikir ini memicu banyak masalah. Pesan di sini adalah bahwa jika kalian masih muda, kalian akan mendapatkan gejala yang lebih ringan. Ini mungkin hanya terasa seperti pilek atau perasaan 'tidak enak' tetapi tetaplah di rumah dan lakukan tes jika sudah merasakan gejala-gejala seperti yang disebutkan tadi." Jelas Prof Spector.

Nyeri Otot

Demikian pula, Studi Imperial College London React melakukan penelitian terhadap lebih dari satu juta orang di Inggris ketika varian Alpha dominan, mereka menemukan berbagai gejala tambahan yang terkait dengan Covid.

Gejala tersebut meliputi rasa menggigil, kehilangan nafsu makan, sakit kepala dan nyeri otot secara bersamaan. Pemerintah mengatakan gejala Covid yang paling jelas adalah batuk terus menerus, suhu tinggi, kehilangan penciuman dan kehilangan rasa. Jika khawatir dengan gejala-gejala tersebutmaka kita bisa mencari saran medis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro