Ilustrasi depresi kesehatan mental/Reuters-Brendan McDermid
Health

5 Tips Jaga Kesehatan Mental agar Sembuh dari Cedera

Anissa Putri
Selasa, 15 Juni 2021 - 18:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Seseorang yang sedang terluka selain merasakan sakit fisik, ternyata berpotensi akan mengalami tekanan mental. Hal tersebut merupakan tantangan umum yang dihadapi oleh orang-orang yang pernah mengalami cedera.

Apabila terluka dan sedang melalui proses pemulihan, hal tersebut bisa sangat melelahkan, menakutkan, dan membuat seseorang menjadi frustrasi. Kondisi tersebut juga dapat memicu perasaan terisolasi, depresi, marah, takut, sedih dan malu.

Merasa di luar kendali atau mati rasa juga mungkin terjadi. Perlu diingat, memulihkan kesehatan mental bisa lebih sulit daripada fisik. Namun, penyembuhan keduanya bisa sembuh seiring berjalan beriringan. Melansir dari integrisok.com, berikut 5 tips untuk menjaga kesehatan mental saat pulih dari cedera.

1. Terima dan Akui Perasaan Anda
Mengalami cedera mungkin berarti tidak dapat berpartisipasi dalam olahraga atau aktivitas sehari-hari. Anda mungkin akan mengalami lima tahap kesedihan, yaitu penyangkalan, kemarahan, tawar-menawar, depresi dan penerimaan. Tahapan-tahapan ini tidak selalu terjadi secara berurutan.

2. Kendalikan Apa yang Anda Bisa
Kebanyakan orang akan mengalami semacam cedera yang membutuhkan pemulihan. Rutinitas sehari-hari akan terganggu saat melakukan pemulihan dan dapat menimbulkan rasa frustrasi, tidak berdaya, atau keduanya.

Membuat jadwal kegiatan sehari-hari dapat membantu sesorang merasa lebih memegang kendali. Jika cedera membuat Anda tidak dapat bekerja atau melakukan rutinitas 'normal', maka buatlah jadwal baru.

3. Tetapkan Tujuan yang Jelas
Menetapkan tujuan dapat membantu memandu perilaku, menciptakan fokus, dan membantu kita merasa lebih terkendali. Mencapai tujuan dapat membangun harga diri dan menjaga tujuan kita tetap jelas.

Buatlah tujuan yang spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan terikat waktu agar diri kita dapat menerapkan tujuan tersebut dengan sesuai.

4. Terima atau Minta Bantuan Orang Lain
Banyak jenis cedera dapat menyebabkan tekanan mental yang serius, seperti cedera akibat kecelakaan dan jenis cedera muskuloskeletal lainnya. Cedera dalam bentuk apa pun bisa menjadi traumatis.

Jika tidak diobati dapat memperlambat pemulihan mental, fungsional dan fisik. Hal ini dapat membuat aktivitas sehari-hari terasa sulit atau tidak dapat diatasi. Mintalah bantuan profesional yang dapat membantu mengobati tekanan mental yang sedang diderita.

5. Tumbuhkan Optimisme
Sangat mudah untuk tenggelam dalam pikiran dan suasana hati negatif ketika cedera telah membawa tantangan besar ke dalam hidup seseorang. Mengembangkan kalimat penyembuhan yang dapat ulangi setiap hari dapat membantu meningkatkan optimisme.

Cara lain untuk meningkatkan optimisme, seperti membuat buku harian rasa syukur atau melakukan sesuatu yang membuat Anda merasa baik, seperti membaca buku bagus atau menonton film lucu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro