Presiden Filipina Rodrigo Duterte saat memegang sebotol vaksin virus corona (COVID-19) Sinovac, vaksin COVID-19 pertama yang tiba di negara itu, di Pangkalan Udara Villamor, Kota Pasay, Metro Manila, Filipina, Minggu (28/2/2021)./Antara/Reuters-Eloisa Lopez
Health

Booster Vaksin Dosis Ketiga Sinovac Tingkatkan Respon Imun Hingga 5 Kali Lipat

Ni Luh Anggela
Kamis, 29 Juli 2021 - 11:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ada tanda-tanda bahwa perlindungan kekebalan dari vaksin virus corona, CoronaVac Sinovac, yang paling banyak digunakan di dunia, turun secara signifikan setelah enam hingga delapan bulan.

Tetapi suntikan booster meningkatkan level tiga hingga lima kali, sebuah studi baru menemukan.

Studi yang dipublikasikan di Medrxiv.com tanpa peer review ini dilakukan ketika beberapa negara, termasuk Thailand, Indonesia dan Turki, mempertimbangkan untuk menawarkan suntikan booster ketiga kepada orang-orang dalam kelompok usia berisiko tinggi dan lebih tua. 

Sejak Mei tahun lalu para peneliti, melansir abc-cbn dan South China Morning Post, Kamis (29/7/2021), termasuk Yu Hongjie dari sekolah kesehatan masyarakat Universitas Fudan, dan Zhu Fengcai, wakil direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Jiangsu, telah menguji imunogenisitas, yakni kemampuan sel atau jaringan untuk memprovokasi respon imun dari  Vaksin CoronaVac Sinovac, di mana 3,73 miliar dosis telah diberikan di seluruh dunia. 

Ini adalah salah satu dari dua vaksin yang diluncurkan di Hong Kong.

Mereka sedang menyelidiki berapa lama CoronaVac menginduksi kekebalan, apakah suntikan booster akan diperlukan dan, jika demikian, waktu optimal booster.

Peserta secara acak ditugaskan ke kelompok dan diberikan dua dosis baik 14 hari atau 28 hari terpisah.  Setiap kelompok diberikan dosis 3 mikrogram, dan dosis 6 mikrogram yang lebih tinggi atau plasebo.  Empat minggu kemudian, konsentrasi antibodi yang lebih tinggi ditemukan di antara mereka yang telah divaksinasi dengan jarak antar dosis yang lebih lama.

Tetapi enam hingga delapan bulan kemudian, konsentrasi antibodi penetralisir, indikator kekebalan yang disebabkan oleh vaksin - dari semua peserta dua dosis menurun di bawah "batas seropositif" yang ditetapkan oleh para peneliti, menurut makalah itu.

Sekitar 540 peserta menerima suntikan ketiga pada interval yang berbeda – setelah 42 hari, 56 hari, 194 hari atau 208 hari untuk mengetahui rejimen terbaik untuk suntikan booster.  Untuk interval pendek dari suntikan ketiga, 42 hari dan 56 hari setelah dosis kedua, tingkat antibodi penetral naik sedikit atau sedang, menurut tes 28 hari setelah suntikan ketiga, dan mereka turun ke hampir ambang batas seropositif enam  bulan kemudian.

Mereka yang divaksinasi dengan suntikan ketiga dengan interval yang lebih lama enam hingga delapan bulan, memiliki tingkat antibodi penetralisir tiga kali hingga empat kali lipat dari vaksin jangka pendek, tanpa perbedaan yang signifikan antara kelompok dosis.

“Hasil kami menunjukkan bahwa dua dosis CoronaVac menginduksi imunogenisitas yang baik.  Meskipun tingkat antibodi penetral menurun hingga mendekati batas positif 8 setelah enam bulan, jadwal vaksinasi dua dosis menghasilkan memori kekebalan yang baik, ”tulis para peneliti.

Dosis ketiga, diberikan pada interval enam hingga delapan bulan setelah dosis kedua, menyebabkan peningkatan yang kuat dalam respon imun. Peningkatan sesuai dengan tiga kali lipat peningkatan titer antibodi penetral 28 hari setelah dosis kedua, menunjukkan  respons sel B memori anamnestik.

Para peneliti tidak secara langsung mengusulkan kapan dosis ketiga CoronaVac akan cocok untuk dilakukan, tetapi mengatakan waktu dosis booster harus mempertimbangkan situasi epidemi lokal, risiko infeksi dan pasokan vaksin serta faktor lainnya.

Zhuang Shilihe, seorang ahli vaksin yang berbasis di Guangzhou, mengatakan meskipun masih belum jelas berapa banyak perlindungan yang akan ditawarkan antibodi penetralisir dalam tingkat batas serapositif yang ditetapkan dalam penelitian ini, tingkat antibodi setelah enam hingga delapan bulan adalah "sangat rendah",  hasil yang diharapkan karena keterbatasan vaksin yang tidak aktif.

Meskipun vaksin dapat menginduksi “respon sel memori B”, vaksin tersebut masih lebih disukai untuk menginduksi tingkat antibodi penetralisir yang lebih tinggi untuk perlindungan segera.

“Butuh waktu untuk meningkatkan respons imun oleh sel B memori.  Anda mungkin terbunuh sebelum kekebalan Anda membunuh virus, ”kata Zhuang.  “Itulah mengapa penting untuk memiliki antibodi penetralisir tingkat tinggi untuk mencegah menjadi sakit, sakit parah, atau sekarat.”

Dia mengatakan perlu waktu untuk melihat bagaimana tingkat antibodi penetralisir turun enam bulan setelah suntikan booster dengan interval yang lebih lama, tetapi dia memperkirakan itu akan lebih tinggi daripada suntikan booster dengan interval yang lebih pendek.

Para peneliti mengatakan sulit untuk secara langsung membandingkan perkiraan dalam temuan dengan vaksin lain seperti Moderna dan AstraZeneca karena metode pengujian yang berbeda, kurangnya metode laboratorium standar untuk netralisasi virus corona dan masalah lainnya.

Penelitian dilakukan di antara orang dewasa sehat berusia 18 hingga 59 tahun dan tidak termasuk mereka yang berisiko lebih tinggi terkena dampak parah dari virus dan juga tidak menilai efek samping vaksin yang langka.

Dalam Preprint di The Lancet, artikel lain menunjukkan bahwa 623 efek samping tercatat dari 7,12 juta dosis vaksin Covid-19 yang diberikan – termasuk 608 juta dosis CoronaVac – di kota Dalian, Tiongkok utara, dari November hingga Juni.

Lebih dari 87,3 persen dari mereka dikonfirmasi sebagai reaksi vaksin minor yang umum.  Ada lima kasus anafilaksis yang sangat jarang setelah vaksinasi (0,7 per 1 juta dosis).  Tujuh reaksi negatif diklasifikasikan sebagai serius tetapi hubungan sebab akibat dengan vaksinasi dikesampingkan.

Efek samping parah setelah imunisasi lebih rendah dari keseluruhan tingkat efek samping parah dari vaksinasi non Covid-19 di masa lalu, tulis para peneliti dari Universitas Fudan dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dalian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro