Ilustrasi perceraian/Istimewa
Relationship

Cerai atau Tidak ? Ini Pertimbangan yang Harus Anda Lakukan dalam Pernikahan

Mia Chitra Dinisari
Senin, 17 Januari 2022 - 20:49
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ketika Anda sudah lama tidak bahagia dalam pernikahan Anda, wajar untuk bertanya pada diri sendiri: haruskah saya bercerai?

Anda mungkin berfantasi bahwa meninggalkan hubungan Anda akan menyelesaikan semua masalah Anda.

Masalahnya adalah perceraian tidak menjamin Anda akan lebih bahagia.

Jadi, jika Anda bertanya-tanya, "Haruskah saya bercerai?", pertimbangkan tujuh tip berikut untuk membantu Anda memutuskan apa yang tepat untuk Anda dan hubungan Anda seperti dilansir dari Yourtango :

1. Cari pola — bukan hanya masalah.

Jika masalah berat dalam pernikahan Anda seringkali terjadi dan pasangan tidak mau berubah, Anda sedang menghadapi masalah yang jauh lebih besar.

Jika pasangan Anda memiliki pola perilaku yang sama yang mengganggu, menyakiti dan mengancam pernikahan Anda inilah saatnya bagi Anda untuk move on.

2. Pastikan Anda berdua berjuang bersama

Pernikahan Anda tidak akan membaik secara ajaib. Jika Anda tidak mau memperbaiki pernikahan Anda, itu tidak akan menjadi lebih baik. Jika pasangan Anda tidak melihat adanya masalah atau tidak bersedia untuk memperbaiki pernikahan Anda, maka kecil kemungkinannya keadaan akan berubah.

Jika Anda berdua bersedia meluangkan waktu dan upaya yang diperlukan untuk membangun pernikahan yang berhasil, ada baiknya Anda mencobanya. Tetapi jika pasangan Anda menolak untuk mengakui masalah dan tetap melakukan perilaku bermasalah, perceraian mungkin menjadi pilihan terbaik Anda.

3. Identifikasi pelanggar kesepakatan 

Beberapa perbedaan nilai tidak dapat didamaikan.

Misalnya, jika Anda sangat menginginkan anak tetapi pasangan Anda benar-benar tidak ingin memilikinya, itu bukanlah sebuah kesepakatan.

Meskipun Anda mungkin dapat membujuk pasangan Anda untuk berubah pikiran jika Anda berjanji untuk merawat anak itu sendiri 100 persen setiap saat, intinya adalah: Pada akhirnya, salah satu dari Anda harus menyerah. punya anak, atau tidak.

Jika sumber konflik Anda dengan pasangan Anda berkisar pada pelanggar kesepakatan, kemungkinan Anda menyelesaikannya cukup tipis karena kebencian dapat muncul (jika belum). Perceraian akan membantu Anda melanjutkan dan fokus pada tujuan Anda dengan cara yang lebih sehat.

4. Luangkan waktu Anda.

Tidak ada yang ingin terjebak dalam pernikahan yang tidak bahagia, tetapi bercerai juga bukan solusi bahagia!

Anda mungkin mempertimbangkan untuk tinggal dan mencoba menyelesaikannya, atau setidaknya menunggu waktu Anda sampai Anda yakin bahwa perceraian adalah pilihan yang tepat.

Namun, jika pasangan Anda baru saja melewati batas yang tidak akan pernah Anda abaikan, seperti kekerasan fisik, jangan bertahan. Perlu waktu untuk memilah-milah perasaan Anda dan mempertimbangkan semua pilihan Anda sebelum Anda menuntut perceraian, tetapi jika Anda dalam bahaya, pergilah.

5. Dengarkan hatimu

Anehnya, kebanyakan orang yang bercerai masih memiliki perasaan terhadap pasangannya pada tingkat tertentu. Meskipun mereka mungkin tidak lagi "jatuh cinta", mereka mungkin memiliki "perasaan cinta" terhadap pasangan mereka.

Jika Anda sangat mencintai pasangan Anda sehingga Anda bahkan tidak tahan untuk mendengarkan dia bernafas, Anda berada di jalan satu arah menuju perceraian, jadi buatlah keputusan demi kebahagiaan Anda sendiri.

6. Lihatlah keuangan Anda

Perceraian itu emosional, tetapi emosi murni tidak boleh menjadi kekuatan pendorong utama di balik keputusan Anda. Ini mungkin terdengar dingin, tetapi Anda perlu melihat keuangan Anda dengan baik, panjang dan realistis sebelum Anda memutuskan untuk bercerai.

7. Lihat semua pilihan Anda

Mustahil untuk mengetahui apakah perceraian akan menjadi keputusan yang baik untuk Anda kecuali Anda mengetahui pilihan Anda. Dimana kamu akan tinggal? Bisakah Anda menjual rumah Anda? Seharusnya kamu? Di mana anak-anak Anda akan tinggal? Seberapa sering Anda akan melihat mereka? Seperti apa kehidupan mereka nantinya?

Adakah cara agar Anda bisa melewati perceraian tanpa bertengkar (terlalu banyak)? Apakah mereka? Berapa biayanya?

Konsultasikan dengan pengacara, penasihat keuangan, atau ahli perceraian untuk mengetahui pilihan apa yang Anda miliki dan apa yang masuk akal untuk Anda dan keluarga Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro