Jahe Merah. /ANTARANEWS
Health

Wajib Coba! Ini 11 Manfaat Jahe untuk Kesehatan Tubuh

Intan Riskina Ichsan
Selasa, 24 Mei 2022 - 14:37
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Jahe merupakan tanaman berbunga yang berasal dari Asia Tenggara yang menjadi salah satu rempah paling sehat.

Jahe dapat digunakan baik secara segar, kering, bubuk, atau sebagai minyak atau jus. Tak jarang, jahe digunakan ke dalam makanan olahan dan sebagai campuran kosmetik.

Berikut 11 manfaat jahe untuk kesehatan, dilansir dari Web MD:

1. Melawan Kuman

Senyawa kimia tertentu dalam jahe segar membantu tubuh Anda menangkal kuman. Mereka sangat baik dalam menghentikan pertumbuhan bakteri seperti E.coli dan shigella, dan mereka juga dapat mencegah virus seperti RSV.

2. Menjaga Kesehatan Mulut Anda

Kekuatan antibakteri jahe juga dapat mencerahkan senyum Anda. Senyawa aktif dalam jahe yang disebut gingerol mencegah bakteri mulut tumbuh. Bakteri ini adalah bakteri yang sama yang dapat menyebabkan penyakit periodontal, infeksi gusi yang serius.

3. Menenangkan Mual

Jahe membantu jika Anda mencoba meredakan perut mual, terutama selama kehamilan. Ini dapat bekerja dengan memecah dan membuang gas yang menumpuk di usus Anda. Bisa juga membantu mengatasi mabuk laut atau mual yang disebabkan oleh kemoterapi.

4. Menenangkan Otot yang Sakit

Jahe tidak akan menghilangkan nyeri otot di tempat, tetapi dapat meredakan nyeri seiring waktu. Dalam beberapa penelitian, orang dengan nyeri otot akibat olahraga yang mengonsumsi jahe mengalami lebih sedikit rasa sakit keesokan harinya dibandingkan mereka yang tidak.

5. Meringankan Gejala Arthritis

Jahe adalah anti-inflamasi, yang berarti mengurangi pembengkakan. Sangat membantu untuk mengobati gejala rheumatoid arthritis dan osteoarthritis. Anda bisa mendapatkan bantuan dari rasa sakit dan bengkak baik dengan mengambil jahe melalui mulut atau dengan menggunakan kompres jahe atau patch pada kulit Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro