Ilustrasi rencana diet untuk menurunkan berat badan dengan mengonsumsi makanan sehat/ Freepik
Health

6 Jenis Makanan yang Bisa Membantu Turunkan Berat Badan

Nabila Dina Ayufajari
Sabtu, 4 Juni 2022 - 10:57
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Makanan tinggi protein dan serat merupakan beberapa jenis makanan terbaik untuk membantu menurunkan berat badan.

Makanan berserat mengandung kalori yang lebih rendah dibandingkan makanan lain. Alhasil, konsumsi makanan berserat dapat membantu merasa lebih kenyang setelah makan dan mengatur kadar gula darah.

Diet dapat memberikan hasil jangka pendek, tetapi sulit untuk dipertahankan dan akhirnya membuat tubuh kehilangan nutrisi penting yang hanya dapat diperoleh melalui makan seimbang.

Jika Anda sedang mencoba menurunkan berat badan, maka hal terpenting yang dapat dilakukan adalah makan dengan penuh kesadaran. Dengan demikian, memilih makanan yang tepat harus menjadi tujuan Anda.

Melansir dari Times of India pada Sabtu (6/2/2022), ini daftar 6 makanan yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

6 Jenis Makanan yang Bisa Membantu Turunkan Berat Badan

1. Labu

Labu merupakan sayuran yang kaya antioksidan yang memiliki jumlah kalori rendah dan padat nutrisi untuk boot. Meskipun satu cangkir hanya mengandung sekitar 80 kalori, tetapi labu tinggi vitamin dan mineral. Kandungan beta-karoten dan karotenoid yang digunakan tubuh untuk membuat vitamin A, memberi warna oranye terang pada labu.

Labu mengandung padat nutrisi, bebas kolesterol, bebas natrium, dan bebas lemak. 100 gram labu mentah hanya mengandung 26 kalori sehingga labu merupakan tambahan yang bagus untuk diet penurunan berat badan.

2. Kacang Kenari

Kacang kenari mengandung lemak tak jenuh tunggal yang tinggi sehingga menjadikannya camilan yang sangat menyehatkan jantung jika dibandingkan dengan keripik.

Adapun, satu ons kenari mengandung 4 gram protein dan 2 gram serat, serta memiliki jumlah kalori di bawah 200. Kacang Kenari dapat membantu memuaskan rasa lapar dan mereka memiliki lebih banyak polifenol antioksidan di antara kacang lainnya, termasuk kacang tanah dan kacang pohon.

3. Yogurt

Yogurt merupakan makanan yang kaya akan probiotik dan bakteri menguntungkan yang membantu meningkatkan pencernaan dan kesehatan usus.

Mengonsumsi yogurt dipercaya dapat meningkatkan penyerapan nutrisi yang membantu mencegah penambahan berat badan. Yogurt adalah sumber probiotik yang kaya untuk membantu mengatur usus yang sehat dan nutrisi penting lainnya termasuk protein. Ini bisa menjadi makanan pilihan bagi Anda yang ingin menghilangkan lemak perut dan mendapatkan perut yang rata.

Makanan ini juga kaya akan mineral, terutama kalsium, membantu penurunan berat badan dengan meningkatkan metabolisme dan mengurangi kelebihan lemak. Satu porsi atau 100g yogurt tanpa pemanis mengandung sekitar 1,7g lemak jenuh.

4. Ubi Jalar

Ubi jalar mengandung rendah kalori dan tinggi serat, serta memiliki banyak air sehingga mudah dicerna. Meski secangkir ubi yang dihaluskan hanya memiliki 249 kalori, tetapi bisa memberi Anda kepuasan makan yang utuh.

5. Buncis

Buncis memiliki kaya akan protein dan serat, yang membantu menurunkan berat badan. Serat membuat Anda kenyang lebih lama dan membantu menjaga usus tetap sehat. Di sisi lain, kandungan protein yang ada di buncis dapat memuaskan rasa lapar Anda.

Ditemukan bahwa orang yang mengonsumsi buncis memiliki peluang 53 persen lebih tinggi untuk memiliki Body Mass Indeks (BMI) yang sehat. Dengan makan buncis setiap hari dapat meningkatkan penurunan berat badan sebesar 25 persen.

6. Kacang-kacangan

Protein nabati, seperti kacang-kacangan, dapat membantu Anda menurunkan berat badan karena mengandung serat yang tinggi. Makanan nabati yang kaya protein ini merupakan tambahan yang bagus untuk sup atau salad karena memberi makanan lebih banyak zat.

Kacang-kacangan adalah salah satu makanan berserat tinggi yang sangat baik untuk menurunkan berat badan dan diet sehat secara keseluruhan, dengan sekitar 120 kalori per setengah cangkir dan 8 gram serat yang mengesankan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro