Ilustrasi oat dicampur granola, susu, dan buah-buahan/Freepik
Health

15 Manfaat Oatmeal Bagi Kesehatan, Obati Cacar Air Hingga Cegah Kanker

Nabila Dina Ayufajari
Sabtu, 24 September 2022 - 15:54
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Avena sativa atau oat adalah salah satu pilihan sarapan bagi sebagian orang karena penyajiannya yang mudah. Namun, pernahkah kalian mendengar serangkaian keajaiban oat bagi kesehatan?

Dilansir dari Pink Villa pada Sabtu (24/9/2022), oat adalah salah satu biji-bijian paling sehat di dunia. Ini adalah pilihan sempurna untuk orang-orang yang tidak toleran terhadap gluten. Terlebih, oat dapat menjadi sumber vitamin dan serat yang baik.

Oat dikenal dengan pati pelindung jantung yang disebut beta-glukan, yang mengurangi kolesterol dan menurunkan risiko kanker. Lantas, apa manfaat kesehatan lainnya yang dihasilkan dari mengonsumsi oat? Simak berikut ini.

Manfaat Kesehatan Oatmeal

1. Menurunkan kadar gula darah

Oatmeal dapat membantu menurunkan kadar gula darah, terutama pada orang yang berjuang dengan masalah berat badan.

2. Mengurangi berat badan

Karena kandungan seratnya yang kaya, oatmeal bisa sangat mengenyangkan untuk waktu yang lama. Beta-gluten juga dikenal untuk mendorong pelepasan peptida dan bisa menurunkan berat badan.

3. Menurunkan risiko asma anak

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pengenalan awal oat ke dalam makanan anak-anak dapat melindungi mereka dari asma.

4. Mendorong bakteri sehat di usus

Beta-glukan dalam oatmeal membentuk zat seperti gel ketika dicampur dengan air. Gel ini yang nantinya membentuk lapisan di perut dan saluran pencernaan. Lapisan ini memberi makan bakteri baik di usus yang meningkatkan laju pertumbuhannya dan dapat berkontribusi pada usus yang sehat.

5. Mengatasi sembelit

Serat dalam oatmeal dapat membantu menjaga feses tetap lunak yang dapat meredakan sembelit.

6. Mengurangi hipertensi dan stres

Karena kualitas pelindung jantungnya, oatmeal menjaga tekanan darah tetap terkendali dan mendorong penurunan hipertensi. Selain itu, oat juga merupakan makanan yang menenangkan, bubur oat manis hangat di pagi hari dapat membantu kamu memulai hari dengan suasana positif yang menjaga stres terkendali.

7. Sangat baik untuk kulit

Oat kaya akan seng sehingga dapat dijadikan sebagai penolong bagi orang-orang dengan masalah kulit berjerawat. Oat juga dapat menyerap kelebihan minyak dari kulit kamu yang merupakan alasan utama tumbuhnya jerawat.

8. Meningkatkan kualitas tidur

Oat dapat meningkatkan produksi melatonin, yang merupakan hormon penting untuk tidur. Mereka juga dapat membantu melepaskan serotonin yang membantu menenangkan pikiran dan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro