Telinga/ilustrasi
Health

Lebih dari 1 Miliar Remaja Terancam Kehilangan Pendengaran, Ini Penyebabnya

Widya Islamiati
Senin, 28 November 2022 - 19:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tanpa disadari, mendengarkan musik keras seperti di konser, klub malam, bar ataupun musik-musik dari alat elektronik lainnya dapat memengaruhi kesehatan pendengaran. 

Sementara, konser-konser di Indonesia sudah mulai banyak digelar kembali, dan mengundang perhatian kaum muda-mudi. Beberapa konser musik bahkan menjual ribuan tiket yang habis dalam hitungan jam.

Mengutip laman everydayhealth sebuah penelitian baru menunjukkan, hingga 1,35 miliar orang di usia remaja, 20an, dan awal 30an berisiko kehilangan pendengaran jauh sebelum mereka mencapai usia pensiun, lantaran menghabiskan terlalu banyak waktu terpapar suara keras.

Penelitian ini diterbitkan dalam BMJ Global Health pada 15 November lalu, yang melibatkan data paparan kebisingan rata-rata di antara lebih dari 19.000 orang berusia 12 hingga 34 tahun.

Secara keseluruhan, sekitar 1 dari 4 orang memutar musik pada headphone dengan volume tinggi, dan hampir setengahnya menghadiri konser dengan tingkat kebisingan yang tidak aman. 

Sedangkan, ambang pasti paparan kebisingan rata-rata hingga 85 desibel atau kurang, dengab waktu maksimal selama delapan jam kerja sehari-hari.

Namun, anak muda terpapar terlalu banyak kebisingan lebih dari itu. Dengan headphone misalnya, tingkat kebisingan rata-rata mencapai 105 desibel. Lalu di tempat hiburan, tingkat kebisingan rata-rata mencapai 104 hingga 112 desibel.

"Paparan musik keras adalah salah satu jenis paparan suara yang paling umum untuk remaja dan dewasa muda, dan ini berpotensi terjadi pada sistem audio pribadi atau di konser, klub, atau acara musik lainnya," ungkap Ketua Departemen Pidato, Bahasa, dan Pendengaran di University of Texas di Dallas Colleen Le Prell dikutip dari Verywell pada Senin (28/11/2022).

Prell kemudian menyarankan untuk mengurangi waktu pendengaran dan volume musik untuk mencegah cedera pendengaran.

“Untuk melindungi dari cedera pendengaran, volume harus dikurangi jika berada di bawah kendali pendengar, waktu mendengarkan harus dikurangi, atau produk perlindungan pendengaran yang sesuai untuk pemaparan harus dipilih,” saran Le Prell.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro