Ilustrasi yang diberikan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Centers for Disease Control and Prevention), institusi di bawah Pemerintah Amerika Serikat, yang merepresentasikan grafis 3D dari partikel virus campak./Reuters
Health

Bunda, Berikut Gejala Campak pada Anak yang Harus Diwaspadai

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 30 November 2022 - 17:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Campak, juga dikenal sebagai rubeola, adalah penyakit yang sangat menular yang disebabkan oleh virus. Ini dapat dengan mudah menyebar dari satu orang ke orang lain dan menyebabkan komplikasi serius pada anak kecil.

Meskipun campak menimbulkan banyak kekhawatiran di kalangan orang tua, penting untuk diketahui bahwa campak adalah penyakit yang dapat dicegah. Tindakan yang tepat dan vaksinasi dapat membantu secara signifikan dalam mencegah infeksi.

Gejala campak biasanya muncul 7-14 hari setelah tertular penyakit. Gejala yang paling umum meliputi:

- Pilek

- Batuk kering

- Mata merah muda (konjungtivitis)

- Demam

Ruam yang terkait dengan campak muncul 3 sampai 5 hari setelah gejala pertama.

Vaksin dapat melindungi kita dari banyak penyakit. Meskipun mungkin tidak menjamin perlindungan, itu pasti mencegah keparahan dan risiko kematian.

Ada dua jenis vaksin yang dapat melindunginya. Ini termasuk: vaksin campak, gondok, rubella (MMR) dan vaksin campak, gondok, rubella, varicella (MMRV).

Vaksin MMR biasanya diberikan dalam dua dosis, suntikan pertama pada usia sekitar 12 hingga 15 bulan dan suntikan kedua pada usia sekitar 4 atau 5 tahun.

Vaksin MMRV diberikan kepada anak usia 2 bulan hingga 12 tahun. Tembakan pertama harus diberikan antara 12 dan 15 bulan dan suntikan kedua antara 4 dan 6 tahun.

Campak adalah penyakit yang sangat menular dan menular, yang artinya dapat menyebar dengan mudah dari satu orang ke orang lain. Ini dapat menyebar ketika seseorang yang terinfeksi campak batuk, bersin atau berbicara dan orang di dekatnya menghirup udara yang sama.

Karena itu, pastikan Anda menjauhkan anak-anak Anda dari tempat keramaian dan mencegah mereka mendekati seseorang yang terinfeksi.

Jaga kebersihan tangan yang benar, kenakan masker dan sarung tangan saat bersama orang yang terinfeksi

Mirip dengan COVID-19, flu dan flu biasa, yang juga merupakan penyakit menular, tindakan pencegahan terhadap campak harus dilakukan.

Mengenakan masker yang pas, mengikuti kebersihan tangan yang benar, dan menjaga jarak adalah cara yang bagus untuk tidak hanya meningkatkan tingkat perlindungan Anda, tetapi juga menjaga keamanan anak-anak Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro