Ilustrasi anak sakit demam/istimewa
Health

Gejala dan Cara Deteksi Pneumonia pada Anak

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 8 Desember 2022 - 19:16
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kualitas udara di berbagai kota terus menurun dan menimbulkan beberapa infeksi pernapasan termasuk bronkitis dan pneumonia.

Bahkan di antara anak-anak, ada bahaya infeksi dada yang parah.

Seorang dokter anak dari India, Dr Nihar Parekh menjelaskan bagaimana orang tua dapat mendeteksi infeksi saluran pernapasan bawah pada anak-anak di rumah.

Menurutnya, ada 'alat' yang sangat membantu untuk memeriksa tanda-tanda bronkitis berat, bronkopneumonia, atau pneumonia yang akan datang pada anak-anak. Selain memberi tahu pemirsa apa itu, dia juga membahas bagaimana cara memeriksanya.

Dr Parekh mengatakan, "Alat yang paling diremehkan yang dapat digunakan oleh orang tua adalah pengukuran laju pernapasan (RR), yaitu jumlah napas yang dilakukan anak Anda dalam satu menit."

"Biasanya, kami tidak mengukur laju pernapasan, tetapi selama musim kualitas udara yang buruk ini, AQI yang sangat rendah, dengan jenis infeksi paru-paru gila, pneumonia, bronkopneumonia, dan bronkitis, saya akan memohon kepada setiap orang tua jika anak Anda hari ini menderita batuk. dan dingin, demam, tolong awasi RR mereka," ujarnya dilansir dari Times of India.

Menurut dokter anak, jika RR lebih dari angka tertentu, sebaiknya orang tua membawa anaknya ke dokter pada hari yang sama atau keesokan harinya.

Dr Parekh juga menjelaskan bagaimana cara mengukur laju pernapasan anak mereka.

"Saat anak tidur nyenyak, lepas bajunya dan hitung berapa kali dada mengembang tepat selama satu menit. Jika anak Anda berusia di bawah satu tahun, RR lebih dari 50/menit adalah masalah. Jika anak Anda anak berusia 1-5 tahun, apa pun di atas 40 napas/menit adalah masalah. Jika anak Anda berusia di atas 5 tahun, apa pun di atas 30/menit."

"Pastikan anak Anda tidak tahu Anda sedang mengukurnya, karena mereka bisa menjadi sangat sadar, maka paling baik dilakukan saat tidur," sarannya.

Melebarnya lubang hidung atau lekukan suprasternal bisa menjadi tanda infeksi saluran pernapasan bagian bawah. Lekukan suprasternal adalah lekukan besar yang terlihat di antara leher, juga dikenal sebagai tarikan trakea - saat kulit di tengah leher Anda tersedot.

Tanda-tanda pneumonia pada anak-anak

Menurut Cedar Sinai, kasus pneumonia bakterial dapat menimbulkan gejala antara lain:

- Demam

- Menggigil

- Nafas cepat atau keras

- Sakit kepala

- Rewel

- Kelelahan

- Kehilangan selera makan

- Batuk

Jika Anda melihat salah satu gejala yang tercantum di atas pada anak Anda atau ketidakteraturan pada laju pernapasan, Anda harus segera membawa anak Anda ke dokter.

Dokter akan melakukan rontgen dada, akan melakukan tes darah dan jika perlu juga akan meminta kultur dahak, yaitu tes yang dilakukan pada lendir atau dahak yang dikeluarkan dari paru-paru dan masuk ke mulut .

Tergantung pada apa penyebab gejala pernapasan anak Anda, dokter Anda akan mendiskusikan pengobatan yang diperlukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro