Ilustrasi pasangan yang belum menikah/Freepik
Relationship

Sebelum Menikah, Bicarakan 7 Topik Penting Ini

Ileny Rizky
Sabtu, 10 Desember 2022 - 20:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kehidupan seseorang akan berubah setelah menikah. Sebab, menikah itu menyatukan dua pemikiran jadi satu. Dengan begitu, akan ada banyak persepsi yang bisa memicu perceraian.

Demi menghindari risiko buruk itu, hendaknya antara pria dan wanita yang akan menikah dapat mendiskusikan terlebih dahulu beberapa aspek penting yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan berumah tangga.

Ini topik yang harus dibahas sebelum menikah:

1. Keuangan

Masalah keuangan adalah penyebab utama dari perceraian. Oleh karenanya, keuangan menjadi topik utama yang wajib dibicarakan sebelum menikah.

Kebiasaan belanja dan keberadaan hutang saat ini harus diungkapkan secara jujur tanpa ada yang perlu ditutupi sedikitpun. Tentukan pula siapa yang akan mengelola dan menyimpan uang setelah berumah tangga. 

Pasangan harus menentukan apakah mereka akan berbagi kartu kredit dan rekening bank bersama dan apakah pendapatan dari semua sumber akan digabungkan atau tidak.

2. Seks

Selain keuangan, seks juga menjadi bagian penting dari kehidupan berumah tangga. Oleh karenanya, pastikan untuk membicarakan ekspektasi Anda akan frekuensi dan jenis preferensi seksual.

Bicarakan mengenai berapa jumlah anak yang diinginkan oleh Anda dan pasangan, apakah Anda memiliki masalah dalam kesehatan seksual, dan lainnya.

3. Penyelesaian masalah

Penyelesaian masalah menjadi konsep dasar dalam menjalin hubungan asmara. Sebab, dalam setiap hubungan pasti ada saja konflik yang menghadang. Cari tahu bagaimana cara pasangan Anda menghadapi sebuah masalah. Apakah dia lebih suka mendiskusikan atau menuruti emosi sesat. Dengan mengetahui hal ini, Anda menjadi tahu apakah hubungan kalian pantas untuk dilanjutkan ke jenjang pernikahan.

4. Pekerjaan

Pekerjaan sangat penting untuk mengetahui bagaimana Anda dan pasangan dapat mengatur kebutuhan setelah menikah.

Dengan pembicaraan ini, antara pria dan wanita juga dapat mendistribusikan terkait pekerjaan yang dimiliki sang wanita. Ini dapat mendistribusikan apakah perempuan dapat terus melanjutkan pekerjaannya meskipun sudah menikah atau harus meninggalkannya.

5. Rencana peran setalah menikah

Topik ini akan membahas tentang bagaimana peran dari pria dan wanita setelah menikah. Hal yang dibahas misalnya apakah pria akan berperan sebagai pencari nafkah dan perempuan sebagai ibu rumah tangga, atau lain sebagainya.

Obrolan ini menjadi penting  karena saat ini semakin banyak wanita yang sudah memasuki dunia kerja. Oleh karena itu, sangat penting untuk mendistribusikan tugas-tugas rumah tangga secara merata. 

Pikirkan tentang siapa yang akan bertugas dalam berbelanja bahan makanan, menyiapkan makanan, membersihkan setelah makan, membuang sampah, mencuci pakaian, mencari nafkah, membersihkan dan merawat rumah.

6. Agama

Agama menjadi poin dasar dalam hubungan. Pasalnya, ini yang akan menentukan bagaimana Anda bersama pasangan mengatur kehidupan, menerapkan nilai dan kebiasaan sehari-hari.

Terlebih jika memiliki agama yang berbeda, hal ini lebih berpotensi untuk memiliki konflik. Bahkan, pasangan yang memiliki agama dan kepercayaan yang sama pun juga dapat memiliki potensi terpicunya konflik dalam rumah tangga. 

7. Kebiasaan keluarga

Dengan membicarakan kebiasaan dalam keluarga masing-masing, ini dapat lebih mudah membantu memahami beberapa kebiasaan yang sama.

Selain itu, Anda juga dapat memberi ruang untuk perbedaan masing-masing, dan bahkan membantu untuk membuat kebiasaan tersendiri setelah menikah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ileny Rizky
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro