Cara Mengusir Tikus/Pixabay
Relationship

Ini 7 Cara Mengusir Tikus secara Alami, Dijamin Langsung Hilang

Hana Fathina
Senin, 16 Januari 2023 - 15:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Cara mengusir tikus dari rumah bukanlah hal yang mudah. Sebab, tikus adalah hewan pengerat yang memiliki kemampuan berlari cepat, bahkan bisa memanjat. Cara cepat mengusir tikus adalah dengan menggunakan racun. Tetapi, Langkah ini tidak direkomendasikan terutama untuk kamu yang dirumah memiliki anak-anak dan hewan peliharaan. 

Tikus juga membawa penyakit untuk manusia, salah satunya adalah penyakit pes. Seperti yang dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention, penyakit akibat tikus disebabkan oleh Yersinia pestis yang dibawa oleh kutu yang ada di tubuh tikus. 

Berikut ini adalah beberapa cara mengusir tikus yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Cara Mengusir Tikus Menggunakan bawang Bombay

Bawang Bombay tidak hanya untuk makanan atau bahan masakan dapur, tetapi juga bisa menjadi alat untuk mengusir tikus. Aroma menyengat dari bawang Bombay tidak disukai tikus. Kamu bisa menggunakan bawang Bombay yang sudah diiris dengan diletakkan pada area yang biasa menjadi sasaran tikus.

2. Cara Mengusir Tikus Menggunakan larutan cabai

Cabai sebagai bahan dapur juga dan bisa untuk mengusir tikus. Cara membuat larutan cabai cukup mudah. Kamu bisa menggunakan cabai rawit secukupnya yang dicampur dengan 1 atau 2 liter air lalu direbus. Selanjutnya, kamu bisa menyemprotkan larutan cabai ke tempat-tempat yang sering dikunjungi tikus. 

3. Cara Mengusir Tikus Menggunakan daun mint

Tikus tidak tahan dengan bau daun mint yang menyengat. Jadi, Ketika tikus mencium baunya tikus tersebut akan mabuk dan menjadi lemas. Caranya juga cukup mudah, kamu tinggal menyiapkan satu ikat daun mint, lalu ambil sarinya dan dilarutkan ke dalam air. Setelah itu, semprot cairan daun mint tersebut ke tempat-tempat yang sering dikunjungi oleh tikus. 

4. Cara Usir Tikus dengan Menaburkan kapur barus

Kapur barus memang terkenal manfaatnya untuk berbagai hal, termasuk Ketika kamu ingin mengusir tikus. Bau dan aroma dari benda ini dipercaya ampuh dalam mengusir tikus. Letakkan beberapa buah kapur barus di tempat tikus biasa bersarang atau rawan dilintasi. Kamu juga sebaiknya menggunakan sarung tangan untuk menghindari terjadinya reaksi alergi. 

5. Cara Mengusir Tikus Menggunakan bubuk kopi tanpa gula

Kamu bisa menggunakan kopi kemasan apa saja yang beraroma kuat. Disarankan untuk menggunakan kopi hitam tanpa gula. Sebab, kopi hitam memiliki aroma yang lebih tajam sehingga lebih efektif untuk mengusir tikus di rumah. 

6. Cara Usir tikus dengan Menyebarkan kopi di malam hari

Tikus merupakan hewan pengerat yang tergolong sebagai hama. Biasanya, tikus hewan ini lebih aktif di malam hari sehingga bisa mengganggu waktu istirahat penghuni rumah, apalagi jika sudah masuk plafon dan berlari di atap rumah setiap malam. Oleh karena itu, kamu bisa menyebarkan bubuk kopi di area yang sering dikunjungi tikus pada malam hari. 

7. Cara Menghilangkan Tikus di rumah dengan Merapikan tumpukan barang

Barang yang menumpuk bisa menjadi sarang tikus. Oleh karena itu, usahakan untuk menghindari penumpukan barang terlalu banyak. Jika terpaksa menumpuk barang, usahakan tidak meletakkannya terlalu menempel ke dinding. 

Itulah beberapa cara mengusir tikus tanpa racun, agar rumah kamu terhindar dari tikus. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hana Fathina
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro