Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam peresmian DTO Space/istimewa
Health

Menkes Resmikan DTO Space, Markas Tim Transformasi Digital Kesehatan

Novita Sari Simamora
Selasa, 24 Januari 2023 - 15:19
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi G. Sadikin resmikan DTO Space yang menjadi markas bagi tim percepatan transformasi digital kesehatan, Digital Transformation Office (DTO), di kompleks Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Jumat (20/1).

‘DTO Space’ merupakan nama yang dipilih untuk menyebut ruang kerja Tim DTO yang berlokasi di Gedung Prof. Sujudi Kemenkes RI dengan merenovasi dan memanfaatkan fasilitas ruang yang ada di wilayah perkantoran Kementerian Kesehatan di Rasuna Said.

Dalam sambutannya, Menkes Budi memberikan selamat atas tersedianya fasilitas baru, sekaligus apresiasi kepada Tim DTO yang telah menghadirkan berbagai inovasi di masa pandemi melalui pemanfaatan kemajuan teknologi demi mengoptimalisasi pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Ada enam pilar transformasi kesehatan. DTO memiliki peranan penting dalam mewujudkan pilar keenam, yaitu transformasi teknologi kesehatan. Semoga DTO Space dapat menjadi ruang kerja yang memadai dalam mewujudkan misi tersebut,” dikutip dari siaran resmi, Selasa (24/1/2023).

Menkes Budi berharap hadirnya kantor berkonsep open space ini dapat menciptakan ruang kerja yang nyaman demi percepatan pengembangan inovasi teknologi dan layanan kesehatan bagi masyarakat Indonesia serta dalam menghadapi tantangan kesehatan global di masa depan.

Menkes menjelaskan, misi transformasi digital kesehatan tersebut telah dimulai hadirnya platform standardisasi dan integrasi data kesehatan individu antar fasyankes dalam bentuk rekam medis elektronik (RME) bernama SATUSEHAT.

Platform SATUSEHAT sendiri akan menjadi bagian dari arsitektur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) nasional untuk menghasilkan layanan publik yang terintegrasi di bidang kesehatan sesuai dengan ketentuan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 132 Tahun 2022.

“Bersama Ditjen Yankes, Pusdatin-DTO berperan dalam pelaksanaan teknis pengembangan platform SATUSEHAT. Hal ini selaras dengan visi pemerintah dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan dan layanan berbasis elektronik,” kata Menkes Budi.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PANRB), Abdullah Azwar Anas yang turut hadir dalam acara tersebut juga menyampaikan selamat atas fasilitas baru yang ditempati oleh Tim DTO, serta mengapresiasi atas upaya Tim DTO yang turut mewujudkan arsitektur SPBE nasional.

“Apa yang telah dilakukan Kemenkes RI merupakan bagian dari upaya penguatan tata kelola pemerintahan berbasis elektronik, dan saya apresiasi sebesar-besarnya atas inisiasi integrasi data kesehatan individu dengan hadirnya platform SATUSEHAT,” kata Menteri PANRB Anas.

Anas mengaku Kementerian PANRB akan mendukung penuh upaya yang telah dilakukan oleh Kemenkes RI. “Tentunya, kolaborasi ini sangat baik. Dengan digitalisasi, tata kelola maupun pelayanan yang diberikan oleh pemerintah dapat lebih efisien dan mudah dijangkau oleh masyarakat,” tutup Anas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro