Ilustrasi sakit kepala karena stroke
Health

Ciri-ciri Sakit Kepala Tanda Stroke

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 25 Januari 2023 - 19:18
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -Stroke adalah keadaan darurat yang mengancam jiwa yang terjadi ketika suplai darah ke bagian otak terputus.

Ini terjadi ketika gumpalan darah menghalangi aliran darah dan oksigen ke otak. Tekanan darah tinggi adalah penyebab utama stroke. Jika Anda atau orang di sekitar Anda mengalami stroke, hal itu membutuhkan perhatian medis segera. Karena itu, penting untuk menyadari tanda-tanda yang terkait dengan stroke.

Ada dua jenis utama stroke - iskemik dan hemoragik. Stroke iskemik disebabkan oleh gumpalan darah yang menghalangi suplai darah ke otak.

Di sisi lain, stroke hemoragik disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah. Stroke iskemik jauh lebih umum dibandingkan dengan stroke hemoragik.

Pada kedua jenis stroke tersebut, sakit kepala dapat menandakan seseorang akan mengalami stroke. Tanda peringatan umum stroke hemoragik adalah sakit kepala parah yang datang tanpa alasan.

Menurut pakar kesehatan, stroke dapat dimulai dari arteri karotis – area leher yang mengalirkan darah ke otak. Ini dapat menyebabkan sakit kepala dahi yang parah. Menurut Pusat Neurologi Premier, AS, hingga 65 persen pasien bisa mengalami sakit kepala sebelum stroke.

Tanda sakit kepala karena stroke

“Orang menggambarkan sakit kepala terkait stroke sebagai sakit kepala yang sangat parah yang datang dalam hitungan detik atau menit,” catat Premier Neurology Centre dilansir dari Times of India.

Saat mengalami sakit kepala yang disebabkan oleh stroke, Anda mungkin juga kehilangan indra peraba atau penglihatan pada salah satu atau keduanya. mata, menurut para ahli.

Sering kali, area yang terkena sakit kepala berhubungan langsung dengan tempat terjadinya stroke.

“Misalnya, arteri karotis yang tersumbat dapat menyebabkan sakit kepala di dahi,” catat Pusat Neurologi Premier, menambahkan,

“Penyumbatan di bagian belakang otak dapat menyebabkan sakit kepala di bagian belakang kepala.” Jadi tidak ada satu lokasi tertentu untuk sakit kepala yang menandakan stroke, karena bisa terjadi di mana saja di kepala.

Gejala Utama Stroke

Gejala utama stroke dapat diingat dengan istilah 'CEPAT'. Wajah: Wajah orang tersebut mungkin turun di satu sisi atau mata mungkin jatuh. Lengan: Orang yang dicurigai stroke mungkin tidak dapat mengangkat kedua lengannya karena kelemahan atau mati rasa di satu tangan. Bicara: Bicara mereka mungkin tidak jelas, kacau atau mereka mungkin tidak dapat berbicara meskipun tampak terjaga. Mereka mungkin juga kesulitan memahami apa yang dikatakan orang lain kepada mereka. Waktu: Saatnya untuk segera menghubungi ambulans jika Anda melihat salah satu dari tanda-tanda ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro