Sakit jantung pada perempuan/
Health

Mitos-mitos Sakit Jantung yang Masih Sering Dipercaya

Arlina Laras
Kamis, 26 Januari 2023 - 17:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kemenkes mengatakan bahwa penyakit jantung masih menjadi penyebab utama kematian di Indonesia. 

Hal tersebut dipicu karena gaya hidup manusia saat ini yang tidak sehat, seperti tidak ada aktifitas fisik, merokok, banyak mengkonsumsi makanan junk food.

Sayangnya, masih banyak masyarakat yang belum cukup peduli dan waspada terhadap penyakit jantung. Kondisi ini diperparah dengan beredarnya mitos yang salah dan berujung menyesatkan. 

Padahal informasi yang valid dan benar akan membantu masyarakat untuk lebih berhati-hati, khususnya mencegah penyakit jantung sejak dini. Lantas, apa saja mitos penyakit jantung yang tidak terbukti kebenarannya? Berikut ulasan Bisnis selengkapnya. 

1. Jika Anda memiliki masalah jantung, Anda perlu lebih banyak waktu santai

Banyak orang diberitahu untuk memperlambat segala aktivitas dan perbanyak waktu santai setelah mereka didiagnosis dengan kondisi jantung. 

Sayangnya, menurut hali jantung ini adalah mitos. Justru, dengan gaya hidup yang hanya didominasi dengan berbaring atau bahkan duduk saja tanpa ada olahraga makin memperparah penyakit janting. 

Sebaiknya melakukan aktivitas fisik penting untuk dilakukan, guna memperkuat jantung, meningkatkan aliran darah, dan menjaganya tetap sehat.

2. Penderita Kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi hanya dialami oleh orang tua 

Meskipun sebagian benar karena tekanan darah cenderung meningkat seiring bertambahnya usia, tapi itu bukanlah satu-satunya alasan mengapa kolesterol dan tekanan darah meningkat pada orang tua. Seiring bertambahnya usia, arteri mengeras dan kaku. Hal ini memaksa jantung untuk memompa darah lebih keras sehingga tekanan darah meningkat . 

Namun, risiko kolesterol tinggi sebagian besar bergantung pada gaya hidup, pola makan, dan kebugaran individu. Sehingga tak jarang, jika anak mudah terlah terkena penyakit kolestrol atau bahkan darah tinggi. 

3. Cegah kolestrol cukup dengan minum obat

Minum obat untuk kolesterol tinggi tidak melindungi Anda 100 persen. Statin merupakan obat penurun kolesterol. Obat ini bekerja dengan cara menghalangi kerja enzim yang digunakan tubuh dalam menghasilkan kolesterol di hati dan mengurangi risiko pengendapan di arteri. Namun, jika Anda melanjutkan diet, maka statin tidak ampuh. Pasalnya,  statin tertentu hanya bisa bekerja lebih baik bila dikonsumsi dengan makanan.

4. Orang dengan masalah jantung hanya bisa makan makanan rebus

Setelah seseorang didiagnosis menderita komplikasi jantung, mereka disarankan untuk beralih ke makanan yang direbus, tanpa minyak, rempah-rempah, dan boleh mengonsusmi garam dengan kadar yang sesuai aturan. Sehingga, gagasan yang membatasi bahwa orang dengan masalah jantung adalah salah. Sebab, yang benar adalah untuk mengurangi konsumsi minyak bukan untuk menghentikan konsumsi sama sekali. 

Setelah timbulnya masalah jantung, seseorang juga harus berhenti mengonsumsi lemak jenuh, itu bukan berarti minyak secara keseluruhan, tetapi lemak tak jenuh seperti minyak sayur harus dimakan. Anda juga bisa makan ikan berlemak sekali atau dua kali seminggu.

5. Serangan jantung ringan bukan masalah serius

Pertama-tama, serangan jantung tidak boleh diukur sebagai minor atau mayor. Terlepas dari besar kecilnya, semua hal itu perlu ditangani dengan hati-hati dengan konsultasi medis yang tepat . Serangan jantung ringan terkadang jarang tidak diketahui, tetapi ini merupakan peringatan besar bahwa Anda sudah memiliki komplikasi jantung dan jika tidak ditangani dapat berkembang. menjadi sesuatu yang lebih serius dan mengancam jiwa.

6. Obat diabetes dapat melindungi masalah jantung"

Komplikasi diabetes dan jantung mengikuti satu sama lain, meskipun bagi sebagian orang tampaknya penyakit yang jauh. Ada beberapa faktor risiko diabetes yang tumpang tindih dengan penyakit jantung. Misalnya, tekanan darah tinggi, obesitas, gaya hidup kurang gerak, dan merokok. 

Walaupun pengobatan diabetes akan menjaga kadar gula darah Anda tetap terkendali dan mengurangi risiko penyakit jantung, obat ini tidak akan melindungi Anda sepenuhnya dari kondisi jantung yang merugikan.

7. Penyakit jantung adalah penyakit turunan

Kecenderungan genetik terhadap penyakit jantung membuat seseorang rentan terhadap kejadian kardiovaskular, tetapi itu tidak berarti Anda tidak dapat berbuat apa-apa. Karena dengan melakukan aktivitas fisik, mengurangi merokok, mengurangi konsumsi alkohol, menurunkan konsumsi makanan olahan dan lemak trans, makan sayur dan buah musiman, dan memiliki minyak sehat dalam makanan itu dapat meningkatkan kesehatan jantung seseorang.

8. Pemeriksaan jantung cukup dilakukan saat usia 40 tahun

Ini adalah mitos lain yang menghubungkan penyakit jantung dengan usia. The American Heart Association, merekomendasikan pengujian kadar kolesterol darah dimulai dari usia 20 tahun. Penting untuk melakukan skrining jantung sejak awal 20-an. Lalu, setelah usia 20 tahun, pemeriksaan harus dilakukan setiap 5 tahun.

“Hal ini dilakukan untuk menguji kadar lipid pada anak-anak, disarankan agar mereka melakukannya setelah mereka berusia 9 tahun. Dan sekali lagi, disarankan untuk mengulanginya antara kelompok usia 17 hingga 20 tahun,” sara Praveen Kulkarni, senior ahli jantung di Global Hospitals Parel, Mumbai . 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro