Manfaat Pare Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui - Freepik
Health

Kandungan dan Manfaat Pare Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Nuraini
Kamis, 26 Januari 2023 - 17:54
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pare merupakan sayuran yang terkenal dengan rasa pahitnya.

Meskipun memiliki rasa pahit, pare ternyata mempunyai banyak manfaat untuk tubuh. Apa saja manfaat pare? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

Kandungan Pare

Walaupun rasanya pahit, kandungan nutrisi dalam sayur pare ternyata cukup lengkap. Dalam 100 gram Pare mengandung beberapa nutrisi diantaranya sebagai berikut.

  • 1 gram protein 
  • 3,6 gram karbohidrat 
  • 0,4 gram lemak
  • 3,6 gram karbohidrat 
  • 0,4 gram lemak
  • 31 gram kalsium 
  • 0,9 mg zat besi
  • 197 mcg Beta karoten
  • 0,4 mg vitamin B3 
  • 65 mg fosfor
  • 31 mg kalsium 
  • 1,3 gram serat
  • 277,7 mg kalium
  • 5 mg natrium
  • 0,8 mg zinc
  • 0,18 mg vitamin B1

Manfaat Pare Bagi Kesehatan

Nutrisi yang beragam mempunyai pare menjadi salah satu makanan yang bermanfaat untuk tubuh. Berikut rangkuman manfaat pare untuk kesehatan yang perlu diketahui. 

1. Membantu menurunkan berat badan

Pare memiliki manfaat untuk dapat membantu menurunkan berat badan. Tak hanya memiliki kandungan kalori yang rendah saja, pare juga mengandung serat yang bisa membuat tubuh jadi merasakan kenyang lebih lama. 

Pare mampu meningkatkan pembakaran serta mampu mengurangi kadar lemak yang ada di perut. Pare mengandung keratin yang bisa meningkatkan penyerapan glukosa serta sintesis glikogen pada tubuh.

2. Mengurangi kolesterol

Manfaat sayur pare lainnya yaitu bisa membantu untuk mengurangi kolesterol yang beresiko untuk menyumbat pembuluh darah dan menjadi salah satu penyebab penyakit jantung. Fungsi pare ini juga bisa membantu jantung tetap sehat. 

Selain itu, pare juga memiliki manfaat untuk hipertensi. Manfaat pare untuk darah tinggi dan kolesterol membuat sayuran ini bisa menjadi obat alternatif. 

3. Menurunkan kadar gula darah

Manfaat dari pare selanjutnya yaitu bisa menurunkan kadar gula darah. Manfaat pare untuk mengatasi kadar gula darah ini sudah banyak dicoba oleh penderita diabetes. Pare dapat merangsang produksi insulin serta meningkatkan proses pencernaan gula yang ada di dalam tubuh.

Pare juga bisa membantu untuk menurunkan kadar fruktosamin yang ada dalam tubuh. Dengan demikian, pare dapat membantu untuk pengaturan kadar gula dalam jangka yang panjang.

4. Berpotensi mengatasi kanker

Manfaat pare untuk wanita dan pria juga bisa membantu untuk mengatasi kanker. Pare diketahui dapat membunuh sel kanker yang ada di dalam nasofaring, usus besar, paru-paru, dan lambung. Pare juga bisa membantu untuk menghambat penyebaran serta pertumbuhan sel kanker payudara. 

5. Mengandung berbagai nutrisi

Pare merupakan salah satu sayuran yang memiliki banyak nutrisi di dalamnya. Pare bisa diolah dengan cara direbus, ditumis, ataupun bahkan dibuat jus. Pare mengandung vitamin C, vitamin A, asam folat, dan berbagai antioksidan di dalamnya yang mampu menangkal radikal bebas.

6. Menghilangkan jerawat

Manfaat pare untuk wajah yaitu bisa menghilangkan jerawat. Kandungan vitamin C dalam Pare bisa membantu untuk menjaga kulit tetap sehat serta menghilangkan jerawat pada kulit wajah. Pare bisa dibuat sebagai masker atau diminum dalam bentuk jus untuk bisa membantu mengatasi jerawat. 

Efek Samping Pare

Meskipun pare memiliki berbagai manfaat yang baik bagi tubuh, mengkonsumsi pare berlebih bisa menyebabkan efek samping untuk tubuh. Berikut efek samping pare yang patut diwaspadai.

1. Interaksi obat

Konsumsi pare secara berlebihan bisa menyebabkan interaksi obat, apalagi ketika Anda mengkonsumsi obat-obatan tertentu.

2. Irama jantung tidak teratur

Konsumsi pare yang berlebihan juga membuat Irama jantung menjadi tidak teratur. Kondisi ini menyebabkan penggumpalan darah di sisi jantung.

Demikian beberapa informasi tentang manfaat pare bagi kesehatan tubuh. Pare bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh karena beragam kandungan nutrisi di dalamnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro