Ragam Manfaat Chia Seed dan Cara Mengkonsumsinya (pexels)
Health

Ini Manfaat Chia Seed, Bahaya dan Cara Mengkonsumsinya

Nuraini
Kamis, 26 Januari 2023 - 20:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Biji chia atau chia seed adalah biji kecil yang warnanya hitam. Sesuai dengan namanya, chia seed berasal dari tanaman chia.

Meskipun memiliki ukuran kecil, akan tetapi nutrisi dan manfaat chia seed tak perlu diragukan lagi. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Kandungan Chia Seed

Chia seed menjadi salah satu biji-bijian yang kaya akan nutrisi. Beberapa nutrisi dalam biji ini, antara lain; air, energi, protein, lemak, dan serat.

Selain itu, chia seed juga mempunyai kandungan mineral dan vitamin yang penting bagi tubuh, antara lain; kalsium, zat besi, fosfor, kalium, natrium, seng, tembaga, selenium, vitamin C, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, dan folat.

Manfaat Chia Seed untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Kandungan nutrisi dalam biji chia membuatnya memiliki banyak manfaat untuk tubuh, mengutip dari beragam sumber berikut beberapa khasiat chia seed yang perlu diketahui.

1. Menurunkan berat badan

Dalam jurnal Nutrition Research dan Practice disebutkan bahwa, manfaat chia seed untuk diet yaitu bisa menjaga rasa kenyang dan mengurangi nafsu makan jangka pendek. Selain itu, kandungan serat dan protein dalam biji juga berguna untuk mencegah obesitas. Meskipun demikian, manfaat ini masih perlu penelitian lebih lanjut.

2. Mengontrol tekanan darah

Manfaat chia seed lainnya yaitu bisa membantu mengontrol tekanan darah. Sebuah penelitian yang terdapat di Plant Food Human Nutrition, menemukan bahwa penderita hipertensi yang rutin mengkonsumsi tepung biji chia, mengalami penurunan tekanan darah.

3. Mencegah kerusakan kulit

Salah satu manfaat chia seed untuk wajah yaitu bisa mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas. Manfaat ini ditunjang oleh kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Tak hanya mencegah kerusakan, antioksidan dalam chia seed juga bisa mencegah penuaan dini.

4.  Menjadi sumber omega-3 untuk ibu hamil

Menurut keterangan di situs RSUD Sawahlunto, manfaat chia seed untuk ibu hamil salah satunya bisa menjadi sumber omega-3 selain ikan. Nutrisi tersebut dibutuhkan untuk menunjang perkembangan otak bayi dalam kandungan.

5. Membantu memelihara pencernaan

Kandungan serat dalam chia seed diketahui berguna untuk melancarkan pencernaan. Dengan demikian, risiko sembelit bisa dicegah.

6. Memelihara kesehatan tulang

Kandungan mineral dalam biji chia juga diketahui bisa memelihara kesehatan tulang. Chia seed bahkan bisa menjadi sumber kalsium untuk Anda yang alergi susu maupun olahannya, dengan demikian kebutuhan kalsium tetap tercukupi.

Cara Mengkonsumsi Chia Seed

Untuk mendapatkan manfaat chia seed dengan maksimal, maka cara mengkonsumsinya juga harus benar. Chia seed bisa dikonsumsi sebagai topping makanan maupun minuman sehat, seperti; smoothies, sayur, salad, atau oatmeal.

Biji chia ini akan membuat makanan dan minuman semakin enak. Sementara itu, takaran chia seed yang setiap hari sebaiknya tidak lebih dari satu ons atau cukup sekitar 28 gram.

Bahaya Chia Seed

Meskipun memiliki banyak manfaat, konsumsi chia seed tidak boleh berlebih. Pasalnya biji chia ini juga bisa mengganggu kesehatan apabila dikonsumsi berlebihan.

Biji chia mengandung serat yang tinggi. Apabila mengkonsumsi serat dalam jumlah berlebih, maka bisa menyebabkan beberapa gangguan pada pencernaan seperti diare, perut kembung, sakit perut, hingga penurunan berat badan berlebih.

Itulah penjelasan seputar kandungan, bahaya, manfaat chia seed dan cara mengkonsumsinya. Apabila terdapat sejumlah efek samping yang kurang baik untuk kesehatan, maka sebaiknya konsumsi chia seed dikurangi atau segera berkonsultasi dengan dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro