Jamur cordyceps militaris bisa menjadi antivirus corona.
Health

Jamur Cordyceps Ternyata Pernah Dikembangkan Jadi Obat Covid-19

Restu Wahyuning Asih
Jumat, 27 Januari 2023 - 07:39
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Jamur Cordyceps militaris sebelumnya menjadi jamur yang ramai diperbincangkan karena dipercaya sebagai antivirus untuk Covid-19.

Sebelumnya, cordyceps juga sudah lebih dulu kembangkan sebagai obat herbal oleh perusahaan asal Taiwan di dalam sebuah pabrik di Indonesia.

"Kami membudidayakan cordyceps militaris dalam botol dan telah mengemasnya dalam bentuk kapsul herbal sehingga mudah dikonsumsi," kata Frisca Sucianto, pengusaha budidaya cordyceps Frisca Sucianto, di Jakarta, Sabtu (10/12/2016).

Menurut Frisca, ada dua jenis cordyceps yang telah dikenal sebagai bahan obat-obatan yakni cordyceps militaris dan cordyceps sinensis.

Guru Besar Fakultas MIPA dan Pakar Biomolekuler Universitas Brawijaya Widodo mengatakan, jamur cordyceps mengandung 3 bahan aktif yang berfungsi sebagai antiviral untuk menghambat dan merusak replikasi virus, anti inflamasi untuk mengobati peradangan, dan imunoregulator (meningkatkan dan mengembalikan sistem imunitas tubuh menjadi normal), mengurangi gangguan pernapasan, antioksidan.

"Karena jamur ini memiliki 3 senyawa aktif, cordycepin, adenosin, dan polisakarida," tuturnya dalam Webinar yang digelar Kalbe Farma, Rabu (1/7/2020).

Jamur ini pun cocok sebagai obat Covid-19, setelah dilakukan uji klinis. Bahkan ia mengandung keunggulan dibandingkan herbal lain dan vitamin.

Dari penelitian, cordyceps terbilang relatif aman digunakan untuk jangka waktu yang lama.

Sejumlah penelitian ilmiah yang dipublikasikan dalam jurnal-jurnal internasional menyebutkan khasiat cordyceps yang di antaranya adalah untuk memperkuat daya tahan tubuh, melindungi organ vital seperti jantung, serta menurunkan gula darah dan kolesterol serta mencegah tumbuhnya sel-sel kanker.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro