Ilustrasi petugas menyuntikkan vaksin Covid-19 ke lengan pasien/Freepik
Health

China Terbitkan Izin Vaksin mRNA COVID-19 Pertama Buatannya

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 23 Maret 2023 - 13:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  China telah menyetujui vaksin mRNA pertama yang dikembangkan di dalam negeri untuk melawan COVID-19.

Penerbitan ini hanya berselang beberapa bulan setelah pelonggaran peraturan nol-COVID yang ketat memicu lonjakan kasus.

Vaksin, yang dikembangkan oleh CSPC Pharmaceutical Group Ltd, telah disetujui untuk "penggunaan darurat" oleh regulator kesehatan Beijing, kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu.

Ini menunjukkan kemanjuran tinggi dalam uji coba yang digunakan sebagai suntikan penguat untuk orang yang telah diberi jenis vaksin lain, tambah perusahaan itu, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

China, yang vaksin buatannya sendiri dianggap kurang efektif daripada tembakan mRNA Moderna dan Pfizer-BioNTech, telah berlomba mengembangkan vaksin menggunakan teknologi messenger RNA (mRNA) sejak awal 2020.

Sementara vaksin tradisional menggunakan kuman yang dilemahkan atau tidak aktif untuk mempersiapkan tubuh menghadapi serangan virus yang sebenarnya di masa depan, mRNA menyebarkan potongan materi genetik yang membawa instruksi yang menunjukkan sel-sel tubuh bagaimana menghasilkan protein dalam hal ini, protein lonjakan pada sel tubuh. virus corona yang menyebabkan COVID.

Sistem kekebalan tubuh kemudian memicu antibodi untuk melawan protein lonjakan itu, membuatnya siap ketika virus corona yang sebenarnya menyerang.

Persetujuan yang telah lama ditunggu datang karena infeksi telah turun tajam di seluruh China sejak China tiba-tiba menurunkan pembatasan ketat "nol-COVID" pada bulan Desember, membuat prospek penjualan vaksin yang baru disetujui menjadi moderat.

Tapi itu akan memberi China opsi tambahan untuk mengatasi wabah di masa depan dan dasar pengembangan melawan varian yang baru muncul, kata para ilmuwan.

Berita tentang vaksin mRNA pertama China yang berhasil tidak menimbulkan banyak desas-desus di media sosial domestik pada hari Rabu, karena negara tersebut telah kembali normal dan perbatasannya telah dibuka kembali.

Para pemimpin puncaknya menyatakan “kemenangan yang menentukan” atas COVID bulan lalu.

CSPC mengatakan uji coba vaksinnya menunjukkan efek samping yang jauh lebih rendah pada kelompok lansia dibandingkan dengan kelompok dewasa, meningkatkan upaya China untuk melindungi populasi lansia yang rentan.

Perusahaan mengatakan vaksin mRNA yang dikembangkan secara independen SYS6006 menargetkan beberapa varian Omicron utama dan dosis penguatnya menunjukkan efek netralisasi yang baik terhadap subvarian Omicron BA.5, BF.7, BQ.1.1., XBB.1.5 dan CH.1.1. dalam uji klinis.

Dalam sebuah studi terhadap 4.000 peserta dari 10 Desember hingga 18 Januari ketika China mengalami lonjakan infeksi, vaksin tersebut menunjukkan kemanjuran 85,3 persen 14 hingga 28 hari setelah vaksinasi penguat.

CSPC tidak mengatakan berapa banyak dosis yang rencananya akan diproduksi. Dikatakan vaksin dapat disimpan pada suhu 2 hingga 8 C (35,6 derajat hingga 46,4 derajat F) untuk waktu yang lama.

Perusahaan tersebut memenangkan persetujuan darurat untuk uji klinis suntikan mRNA pada April tahun lalu, sekitar waktu yang sama dengan CanSino, perusahaan lain yang berbasis di China yang sedang menguji suntikan penguat mRNA Omicron.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro