Batuk merupakan salah satu gejala infeksi paru-paru/Freepik
Health

Ini Jenis Penyakit TB yang Jarang Diketahui

Sabina Arla Yogandini
Senin, 27 Maret 2023 - 10:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tuberkulosis (TB) adalah penyakit menular yang biasanya menyerang paru-paru, meskipun dapat menyerang organ mana pun di dalam tubuh. Penyakit ini dapat berkembang ketika bakteri menyebar melalui droplet di udara. 

Melihat lonjakan kasus yang ada setiap tahunnya, penting bagi Anda untuk mengenali gejala-gejala yang ditimbulkan dari penyakit tuberkulosis ini.

Berikut adalah gejala atau tanda-tanda bila seorang mengalami TB:

1. TB laten

Seorang yang mengalami TB laten tidak akan memiliki gejala tertentu dan apabila melakukan rontgen, maka tidak ada kerusakan yang terlihat dari hasil rontgen dada. Namun, tes darah atau tes tusuk kulit akan menunjukkan bahwa mereka memiliki infeksi TB.

2. TB aktif

Seseorang dengan penyakit TB akan mendapatkan gejala seperti batuk berdahak, kelelahan, demam, menggigil, serta kehilangan nafsu makan dan berat badan. Gejala tersebut lambat laun akan memburuk, tetapi kondisi tersebut dapat juga hilang dan kembali secara spontan.

Tuberkulosis juga memiliki jenis atau klasifikasi. Dengan adanya klasifikasi tersebut Anda dapat mengetahui jenis TB termasuk dalam gejala TB laten atau TB aktif.

Berikut adalah detail klasifikasi  TB yang dilansir dari Health Line:

1. TB paru

TB paru termasuk dalam klasifikasi TB aktif yang melibatkan paru-paru. Perlu diperhatikan bahwa seorang akan tertular dari penyakit TB apabila mereka menghirup udara yang dihembuskan oleh seseorang yang menderita TB. Bakteri tersebut akan bertahan selama beberapa jam. Nantinya seorang yang menghirup tersebut akan mengalami gejala seperti batuk berdahak, berdarah, dan sesak napas selama kurang lebih tiga minggu. 

2. TB Ekstraparu

TB jenis ini akan melibatkan bagian tubuh di luar paru-paru, seperti tulang atau organ tubuh. Untuk gejalanya akan tergantung pada bagian tubuh yang terkena.

3. Limfadenitis TB

Limfadenitis TB adalah jenis TB ekstraparu yang gejalanya mempengaruhi kelenjar getah bening terutama bagian leher. Namun, untuk kelenjar getah bening mana pun juga dapat terpengaruh. Adapun gejala lainnya seperti demam, kelelahan, dan penurunan berat badan.

4. Tuberkulosis Milier

Tuberkulosis milier termasuk dalam TB aktif yang biasanya akan menyerang paru-paru, sumsum tulang, dan hati. Namun, juga dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya, termasuk sumsum tulang belakang, otak, dan jantung.

5. TB Genitourinari

TB jenis ini dapat menyerang bagian mana pun dari alat kelamin atau saluran kemih, tetapi ginjal adalah tempat yang paling umum. Biasanya TB jenis ini akan menyebar ke daerah dari paru-paru melalui darah atau kelenjar getah bening.

Untuk gejala yang akan dialami oleh seorang yang mengalami TB jenis ini akan tergantung pada bagian mana yang terkena. Namun, bisa saja berupa pembengkakan testis, nyeri saat buang air kecil, aliran air kemih berkurang atau terganggu, nyeri panggul, dan infertilitas. 

6. Tuberkulosis hati

TB hati dapat menyebar ke hati melalui paru-paru, saluran pencernaan, kelenjar getah bening, atau vena porta. Untuk gejalanya sendiri meliputi demam tinggi, nyeri perut bagian atas, pembesaran hati, dan penyakit kuning.

7. Meningitis TB

Meningitis TB akan menyebar ke meningen, yaitu selaput yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang. Berbeda dengan jenis TB yang lain, meningitis TB akan menyebar dengan cara bertahap. Gejalanya antara lain kelelahan, kehilangan nafsu makan, sakit kepala, demam ringan, dan mual. Lambat laun kondisi seorang dengan TB jenis ini akan mengalami sakit kepala parah, kepekaan terhadap cahaya, dan kekakuan pada bagian leher. 

8. Peritonitis TB

Peritonitis TB menyebabkan peradangan pada peritoneum, yaitu lapisan jaringan yang menutupi bagian dalam perut dan sebagian besar organ-organnya. Gejala penyakit yang paling umum dialami oleh TB jenis ini, yaitu asites dan demam. Adapun gejala lain seperti mual, muntah, dan kehilangan nafsu makan. 

9. Perikarditis TB

TB jenis ini akan menyebar ke perikardium yang terdiri dari dua lapisan tipis jaringan yang dipisahkan oleh cairan yang mengelilingi jantung dan menahannya di tempatnya. Adapun gejalanya seperti nyeri dada, demam, jantung berdebar, sesak napas, dan batuk.

10. TB kulit

TB kulit termasuk jenis TB yang jarang ditemui, bahkan di negara-negara yang biasanya sering terjadi. Seorang yang memiliki TB jenis ini akan menemukan gejala seperti luka atau lesi di beberapa area misalnya seperti siku, tangan, bokong, dan kaki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro