Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Prediksi IHSG Senin (13/5/2019) : Indeks Menuju Resistance, Simak Rekomendasi Saham Hari Ini

Pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) diperkirakan bisa menguat pada perdagangan hari ini, Senin (13/5/2019), ditopang oleh fundamental ekonomi yang kuat dan rilis kinerja emiten yang positif selama kuartal I/2019.
Karyawan melintas di depan layar pergerakan saham di Plaza Mandiri, Jakarta, Senin (29/4/2019)./ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Karyawan melintas di depan layar pergerakan saham di Plaza Mandiri, Jakarta, Senin (29/4/2019)./ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Bisnis.com, JAKARTA—Pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) diperkirakan bisa menguat pada perdagangan hari ini, Senin (13/5/2019), ditopang oleh fundamental ekonomi yang kuat dan rilis kinerja emiten yang positif selama kuartal I/2019.

Pada akhir perdagangan pekan lalu, Jumat (10/5/2019), IHSG ditutup menguat 0,17% menjadi 6.209. Kendati selama year-to-date indeks masih menguat 0,24%, selama sepekan IHSG telah tergerus 1,75%. Selama perdagangan, IHSG bahkan sempat menyentuh level terendahnya di level 6.149.

Sebagian besar sektor ditutup menguat, dipimpin oleh sektor properti yang tumbuh 0,90% serta sektor industri dasar dan kimia yang naik 0,49%.

Hanya sektor pertanian dan sektor keuangan yang ditutup di zona merah dengan pelemahan masing-masing 0,38% dan 0,20%.

Director PT Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya mengungkapkan, pergerakan IHSG masih menunjukkan sinyal positif untuk dapat melanjutkan kembali kenaikan dalam jangka panjang saat mengawali hari perdagangan pekan ketiga bulan kelima tahun ini.

“Hal ini tentunya ditopang oleh sisi fundamental perekonomian yang kuat serta rilis kinerja emiten dalam kuartal pertama yang sebagian besar memperlihatkan peningkatan,” katanya dalam riset harian yang dikutip pada Minggu (12/5/2019).

William pun memperkirakan IHSG akan bergerak di kisaran 6.123—6.336 pada perdagangan Senin (13/5/2019) dengan saham-saham yang dapat dicermati a.l. ASII, LSIP, WIKA, ADHI, UNVR, MYOR, BBCA, SCMA, TLKM, AKRA, dan WTON.

Sementara itu, analis Binaartha Sekuritas M. Nafan Aji Gusta Utama  menjelaskan bahwa berdasarkan indikator, MACD masih berada di area negatif.

Kendati demikian, lanjut Nafan, terlihat bahwa Stochastic dan RSI sudah menunjukkan oversold atau area jenuh jual.

“Di sisi lain, terlihat pola bullish pin bar yang mengindikasikan adanya potensi penguatan lanjutan pada pergerakan IHSG sehingga berpeluang menuju ke area resistance,” kata Nafan.

Sementara itu, Nafan memperkirakan IHSG akan bergerak di kisaran 6.113—6.280 dengan saham rekomendasi a.l. ADHI, ADRO, BBTN, ELSA, PGAS, dan TLKM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dwi Nicken Tari
Editor : Riendy Astria
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper