Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perkembangan Perang Dagang AS-China Jadi Katalis Positif di Pasar SUN

Potensi penguatan harga SUN pada perdagangan di pasar sekunder hari ini, Kamis (27/6/2019) ditopang oleh pernyataan Menteri Keuangan AS Steve Mnuchin, yang mengatakan bahwa progress kesepakatan dagang AS-Tiongkok sudah sekitar 90%.

Bisnis.com, JAKARTA -- Potensi penguatan harga SUN pada perdagangan di pasar sekunder hari inI Kamis (27/6/2019) ditopang oleh pernyataan Menteri Keuangan AS, Steve Mnuchin, yang mengatakan bahwa progress kesepakatan dagang AS-Tiongkok sudah sekitar 90%.

Analis Mirae Asset Sekuritas Dhian Karyantono mengatakan bahwa pernyataan Mnuchin, meningkatkan ekspektasi pelaku pasar terhadap adanya output positif bagi pasar pasca pertemuan antara Trump dan Xi-Jinping akhir pekan ini.

Hal ini mendorong persepsi turunnya risiko pasar modal global yang tercermin dari turunnya Indeks CBOE VIX ke kisaran 16,21 poin (sebelumnya 16,28 poin).

Hal tersebut, pada akhirnya mendorong minat investor terhadap instrumen investasi safe haven seperti dolar AS dan US Treasury mengalami penurunan di mana pada perdagangan terakhir Indeks Dolar AS turun tipis ke kisaran 96,18 poin (sebelumnya di kisaran 96,21 poin).

Sementara itu, yield US treasury 10 tahun meningkat ke kisaran 2,04% (sebelumnya di kisaran 1,99%).

Selain itu, tingginya tingkat bid to cover ratio dalam lelang Sukuk Negara Selasa kemarin, nampaknya bisa mendorong penguatan harga SUN untuk tenor menengah dan panjang di pasar sekunder hari ini.

Hal tersebut juga telah terjadi pada perdagangan kemarin meski rupiah pada perdagangan terakhir terdepresiasi. 

Namun demikian, harga SUN di pasar sekunder nampaknya akan bergerak terbatas di awal perdagangan yang disebabkan oleh sentimen negatif dari rilis data Industrial Profit per Mei 2019 China yang berpotensi memburuk dibandingkan dengan bulan sebelumnya. 

Dia merekomendasikan untuk Short-Term Trading, seri FR0077, FR0078, FR0068, dan FR0079 bagi investor yang memiliki orientasi intraday trading.  Seiring dengan proyeksi adanya tren kenaikan harga SUN dalam perdagangan hari ini.

Untuk orientasi Long-Term Trading hari ini, dia masih merekomendasikan investor untuk aksi jual seri FR0059, FR0078, FR0068, FR0072, FR0075, FR0079, PBS014, dan PBS019.

Di sisi lain, dia juga masih merekomendasikan investor untuk melakukan aksi beli seri PBS021, PBS022, dan PBS015.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Riendy Astria
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper