Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indeks S&P 500 Rebound Jelang KTT G20, Dow Jones Terseret Saham Boeing

Pergerakan indeks S&P 500 dan Nasdaq di bursa Wall Street Amerika Serikat (AS) berhasil ditutup di posisi lebih tinggi pada perdagangan Kamis (27/6/2019), menjelang pertemuan Presiden Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping di sela-sela KTT G20, Jepang.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – Pergerakan indeks S&P 500 dan Nasdaq di bursa Wall Street Amerika Serikat (AS) berhasil ditutup di posisi lebih tinggi pada perdagangan Kamis (27/6/2019), jelang pertemuan Presiden Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping di sela-sela KTT G20, Jepang.

Berdasarkan data Reuters, indeks S&P 500 berakhir naik 0,38 persen atau 11,14 poin di level 2.924,92 dan indeks Nasdaq Composite menanjak 0,73 persen atau 57,79 poin ke level 7.967,76.

Meski demikian, indeks Dow Jones Industrial Average berakhir di zona merah dengan turun tipis 0,04 persen atau 10,24 poin di level 26.526,58.

Indeks acuan S&P 500 mengakhiri rentetan pelemahan yang dialami empat hari perdagangan berturut-turut sebelumnya, tetapi Dow Jones terseret turun oleh saham Boeing Co.

Optimisme yang didorong oleh laporan China Morning Post bahwa AS dan China telah sepakat untuk melakukan gencatan tarif tertahan oleh artikel Wall Street Journal.

Wall Street Journal menuliskan bahwa Presiden Xi Jinping akan memberi Presiden Donald Trump satu set persyaratan yang harus dipenuhi oleh Amerika Serikat sebelum mencapai penyelesaian apa pun.

Ekspektasi akan adanya kesepakatan semakin menyurut ketika penasihat ekonomi Gedung Putih Larry Kudlow mengatakan AS mungkin akan melancarkan tarif lebih lanjut untuk barang-barang China setelah kedua pemimpin bertemu di Jepang akhir pekan ini.

“Perdagangan hari ini adalah pemanasan jelang G20,” ujar Matt Forester, kepala investasi BNY Mellon Lockwood Advisors di New York.

“Mengingat nada pasar saat ini, orang-orang percaya akan ada sedikit berkurangnya ketegangan perdagangan yang dihasilkan dari pertemuan itu,” tambahnya.

Hampir seluruh sektor dalam S&P 500 berakhir naik, sedangkan saham energi melemah.

Produsen chip, yang eksposur pendapatannya terhadap China menjadikannya rentan terhadap tarif, mampu ditutup di posisi lebih tinggi. Indeks Philadelphia Semiconductor pun naik 1,5 persen.

Di sisi lain, saham Boeing Co turun 2,9 persen setelah laporan Reuters pada Rabu (26/6/2019) bahwa Administrasi Penerbangan Federal AS mengidentifikasi risiko keselamatan baru pada pesawat 737 MAX yang diterbangkan oleh manufaktur pesawat ini.

Pergerakan Bursa Wall Street 27 Juni

Indeks

Level

Perubahan (persen)

Dow Jones

26.526,58

-0,04

S&P 500

2.924,92

+0,38

Nasdaq

7.967,76

+0,73

Sumber: Reuters

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper