Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penundaan Tarif Impor China Dorong Indeks Stoxx Keluar dari Zona Merah

Bursa saham Eropa bangkit dari penurunan pada Selasa (13/8/2019), menyusul langkah Amerika Serikat yang menunda tarif sejumlah barang impor dari China.
Bursa Eropa/Reuters
Bursa Eropa/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham Eropa bangkit dari penurunan pada Selasa (13/8/2019), menyusul langkah Amerika Serikat yang menunda tarif sejumlah barang impor dari China.

Dilansir reuters, Kantor Perwakilan Perdagangan AS menyatakan pemerintah akan menunda pemberlakuan tarif 10 persen untuk produk-produk tertentu dari China setelah September, termasuk produk laptop dan ponsel. Selain itu, pemerintah juga mengeluarkan daftar barang impor yang akan dibebaskan sama sekali dari tarif.

Langkah ini mendukung kembali minat terhadap aset berisiko setelah serangkaian sentimen negatif telah menekan pasar selama beberapa sesi terakhir.

Saham-saham komoditas, produsen mobil, dan sektor teknologi mendapat keuntungan terbesar di Eropa, dan membantu indeks Stoxx Europe 600 ditutup menguat 0,5 persen, setelah sebelumnya sempat melemah hingga 0,8 persen hari ini.

"Apa yang kita lihat sekarang dengan pengumuman ini adalah perkembangan positif yang jelas," kata Ken Odeluga, analis pasar di City Index, seperti dikutip Reuters.

"Ini jelas dianggap sebagai bantuan bagi pasar karena pengumuman ini menunjukkan kesediaan untuk berkompromi dari kedua belah pihak," lanjutnya.

Namun, Odeluga meragukan kelanjutan reli hari Selasa mengingat adanya volatilitas pasar baru-baru yang dipicu oleh kekhawatiran resesi, memburuknya ketegangan di Hong Kong, serta jatuhnya pasar Argentina.

Indeks DAX Jerman yang bergantung pada ekspor naik 0,6 persen, pulih setelah data menunjukkan jatuhnya sentimen ekonomi di kalangan investor Jerman. Investor akan mengamati dengan seksama data pertumbuhan ekonomi kuartal kedua Jerman yang dirilis Rabu (14/8).

Menurunnya ketegangan perdagangan juga mengangkat harga minyak mentah danm membuat sektor energi menjadi salah satu yang mendapat keuntungan tertinggi di indeks Stoxx.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper