Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wow, Harga Emas Terus Sentuh Rekor Tertinggi

Emas Comex kontrak Desember 2020 menguat 0,31 persen atau 6,1 poin ke level US$1.992 per troy ounce. Emas Comex sempat menyentuh level tertingginya di posisi US$2.009,5 per troy ounce.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA – Harga emas di pasar spot dan berjangka mengawali pekan ini di rekor tertinggi karena perburuan aset safe haven terus berlanjut di tengah pandemi virus corona.

Berdasarkan data Bloomberg, harga emas di pasar spot menguat 0,6 persen ke level US$1,988.40 per troy ounce dan diperdagangkan pada US$1,982.07 pada pukul 6:53 WIB.

Sementara itu, emas Comex kontrak Desember 2020 menguat 0,31 persen atau 6,1 poin ke level US$1.992 per troy ounce. Emas Comex sempat menyentuh level tertingginya di posisi US$2.009,5 per troy ounce.

Harga eams melonjak 11 persen pada bulan Juli, kenaikan bulanan terbesar sejak 2012, menyusul penunrunan dolar AS dan rekor rendahnya imbal hasil riil AS. Analis kini mempertimbangkan alternatif investasi di tengah pandemi seperti utang pemerintah, kredit, dividen saham, dan emas.

Krisis kesehatan telah mendorong sejumlah stimulus yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk menopang ekonomi, termasuk suklu bunga yang lebih rendah. Ini menjadi keuntungan tersendiri bagi emas yang tidak menghasilkan bunga.

Sementara itu, ketegangan geopolitik juga meningkatkan permintaan terhadap logam mulia ini. Menteri Luar Negeri AS Michael Pompeo mengatakan pemerintahan Trump akan mengumumkan langkah-langkah perangkat lunak milik China yang dianggap menimbulkan risiko keamanan nasional.

Sementara itu analis Commonwealth Bank of Australia, Vivek Dhar mengatakan penrunan imbal hasil riil obligasi 10 tahun AS menjadi pendorong paling penting dalam pergerakan emas karena keduanya berbanding terbalik.

"Permintaan safe haven terutama mencerminkan kekhawatiran pertumbuhan global terkait dengan meningkatnya kasus Covid-19 di seluruh dunia dan meningkatkan ketegangan AS-China,” ujar Dhar, seperti dikutip Bloomberg.

Sementara itu, kasus baru virus corona terus meningkat di beberapa negara bagian AS. Kasus di California meningkat lebih dari rata-rata 14 hari, sedangkan laju penularan virus di New Jersey melonjak.

Presiden Federal Reserve wilayah Minneapolis Neel Kashkari pada hari Minggu mendesak Kongres untuk bertindak mendukung warga Amerika yang mengalami PHK dan menyarankan lockdown baru untuk mengekang penyebaran virus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper