Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sebelum Trading, Simak Dulu Rekomendasi Saham Pilihan Hari Ini

Pada perdagangan hari ini, Selasa (29/9/2020), investor disebut masih cenderung bersikap hati-hati di tengah isu resesi Indonesia.
Pengunjung berjalan di dekat papan elektronik yang menampilkan perdagangan harga saham di kantor PT Bursa Efek Indonesia (BEI)  di Jakarta, Jumat (25/9/2020). Bisnis/Dedi Gunawan
Pengunjung berjalan di dekat papan elektronik yang menampilkan perdagangan harga saham di kantor PT Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta, Jumat (25/9/2020). Bisnis/Dedi Gunawan

Bisnis.com,JAKARTA — Indeks harga saham gabungan (IHSG) berpeluang menguat pada perdagangan Selasa (29/9/2020). 

Head of Research Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi menjelaskan bahwa iIHSG ditutup turun 0,79 persen ke level 4.906,55 akhir perdagangan Senin (28/9/2020). 

Sektor saham aneka industri -1,97 persen, sektor saham keuangan -1,58 persen, dan sektor saham pertanian -1,14 persen menjadi penekan indeks pada akhir sesi.

Lanjar menyebut investor masih cenderung bersikap hati-hati di tengah isu resesi Indonesia. Net sell atau jual bersih investor asing mencapai Rp593,12 miliar dengan saham BBCA, BMRI, dan BBRI memimpin daftar teratas top net sell value hingga lebih dari Rp100 miliar.

Dia menjelaskan bahwa secara teknikal IHSG bergerak terkonsolidasi setelah tidak mampu break out bearish tren jangka menengah. Konfirmasi indeks di level psikologis 5.000.

IHSG, lanjut dia, sedikit tertahan pelemahan oleh moving average 5 hari. Indikator Stokastik memberikan sinyal golden cross di area oversold dan MACD yang terlihat divergence positif. 

“Sehingga pada perdagangan selanjutnya IHSG berpeluang menguat dengan support resistance 4.816–5.070,” ujarnya melalui riset harian yang dikutip, Selasa (29/9/20220).

Reliance Sekuritas Indonesia merekomendasikan saham-saham yang dapat dicermati secara teknikal antara lain AALI, ADHI, INCO, JSMR, LINK, LPCK, MAIN, PWON, SMGR, SMRA, dan UNVR.

Di lain pihak, Analis Binaartha Sekuritas Muhammad Nafan Aji Gusta Utama mengatakan berdasarkan rasio fibonacci, support pertama dan kedua memiliki kisaran level 4.865,27 hingga 4.778,71. Sementara itu, resistance pertama dan kedua memiliki kisaran 4.975,54 hingga 5.097,14.

Nafan mengungkapkan berdasarkan indikator, MACD telah berada di area negatif. Sementara itu, Stokastik dan RSI berada di area netral.

“Kendati demikian, pergerakan IHSG telah menguji garis MA 120 sehingga berpeluang terjadinya penguatan ke depan masih terbuka lebar,” jelasnya.

Binaartha Sekuritas merekomendasikan saham yang dapat menjadi pertimbangan investor yakni ADRO, GGRM, INDF, LPCK, MAIN, dan PWON.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Rivki Maulana
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper