Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Meme 'Doge' Shiba Inu Kabosu Dijual Rp56 Miliar, Pecah Rekor Nih!

Sebagian dari hasil penjualan NFT dogecoin ini akan disumbangkan ke beberapa badan amal, termasuk ke Masyarakat Palang Merah Jepang dan Program Pangan Dunia.
Dogecoin yang mengalami kenaikan harga, menggantikan Bitcoin yang sebelumnya telah mencetak kenaikan signifikan. (Bloomberg)
Dogecoin yang mengalami kenaikan harga, menggantikan Bitcoin yang sebelumnya telah mencetak kenaikan signifikan. (Bloomberg)

Bisnis.com, JAKARTA - Gambar ikonik anjing ras Shiba Inu bernama Kabosu pada mata uang kripto ‘Doge’ telah terjual seharga US$4 juta sebagai non-fungible token (NFT), sehingga membuatnya menjadi meme NFT termahal sepanjang sejarah.

Jika menggunakan asumsi Rp14.200 per dolar AS, maka penjualan meme NFT tersebut sekitar Rp56,8 miliar.

Pada Jumat (11/06/2021), pemenang lelang @pleasrDAO, mengajukan tawaran sebesar 1.696,9 ethereum atau setara US$4 juta, menurut situs lelang Zora.

"Kami sangat senang menjadi bagian dari tonggak sejarah internet ini. Jika ada meme yang pantas menjadi pemegang rekor meme baru NFT, itu adalah Doge," kata Don Caldwell, pemimpin redaksi database meme internet Know Your Meme, mengutip nbcnews pada Senin (14/06/2021).

Doge dinilai sebagai salah satu meme paling ikonik dalam sejarah internet. Sebelumnya Doge telah memenangkan penghargaan 'Meme of the Decade' dari Know Your Meme pada Desember 2019.

Meme itu pertama kali dilelang pada Selasa (8/6/2021) oleh Atsuko Sato, pemilik Kabosu dan ditayangkan di Zora selama kira-kira tiga hari sebelum dijual ke @pleasrDAO.

Seperti diketahui, istilah "Doge" berasal dari kartun Flash "Homestar Runner." Dalam episode 2005, karakter tituler Homestar menyebut karakter lain sebagai "D-O-G-E." Lima tahun kemudian, pada 2010, Sato mengunggah gambar Kabosu ke blog pribadinya, tanpa menyadari bahwa foto itu bakal viral.

Meme 'Doge' Shiba Inu Kabosu Dijual Rp56 Miliar, Pecah Rekor Nih!

"Saya mengambil foto untuk memperbarui blog saya, Saya mengambil banyak gambar setiap hari, jadi hari itu tidak ada yang luar biasa. Kabosu senang difoto, jadi dia senang kameranya mengarah ke dia,” kata Sato.

Foto tersebut sempat menjadi perbincangan di situs-situs seperti Tumblr dan Reddit pada awal 2010-an, dan ketika seorang pengguna Reddit menyebut gambar Kabosu sebagai "Doge," nama itu terkenal dan meme pun lahir.

Ketika saya pertama kali mengetahui tentang meme Kabosu, saya sangat terkejut. Saya takut memikirkan bahwa hanya satu foto yang saya posting dengan santai di blog saya dapat menyebar ke seluruh dunia ke tempat-tempat yang tidak saya ketahui, ”kata Sato.

Popularitas Doge telah bangkit kembali baru-baru ini lantaran Dogecoin. Meskipun Dogecoin telah ada selama beberapa tahun, popularitasnya melonjak setelah CEO Tesla Elon Musk mendukungnya di media sosial tahun ini.

Sebagian dari hasil penjualan NFT akan disumbangkan ke beberapa badan amal, termasuk ke Masyarakat Palang Merah Jepang dan Program Pangan Dunia.

Dalam industri kripto, NFT adalah semacam sertifikat keaslian yang terdiri dari karakter unik dan terhubung ke blockchain.

Namun, menurut situs Decrypt, NFT Doge dinilai tidak bertindak sebagai hak ciptaNFT ini cenderung mirip tanda tangan digital dari pembuat meme yang mengesahkan keaslian.

Belakangan ini, muncul gelombang tren meme yang dijual sebagai NFT. Beberapa ahli kripto menyebutnya sebagai fenomena demam emas meme.

Menurut situs lelang Foundation, meme lain yang menyaingi Doge termasuk "Disaster Girl," yang dijual seharga 180 Ethereum, bernilai sekitar US$430.000 pada saat penjualan, dan " Overly Attached Girlfriend," yang dijual seharga 200 Ethereum, bernilai sekitar $ 482.000 pada saat penjualan.

Tak ketinggalan, sebuah NFT dari "Pepe the Frog" terjual sekitar US$1 juta, menurut The Washington Post. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Farid Firdaus
Editor : Farid Firdaus
Sumber : Nbcnews.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper