Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lagi! Grup Japfa Jual Saham Produsen Susu di China Rp1,25 Triliun

Transaksi yang diusulkan akan menghasilkan penerimaan tunai untuk Japfa sebesar US$87,6 juta dan karenanya memperkuat posisi keuangan Japfa Ltd.
Ilustrasi sapi perah./Bloomberg
Ilustrasi sapi perah./Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Japfa Ltd, induk dari PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA), siap melepas 7,5 persen saham AustAsia Investment Holdings Pte kepada Genki Forest dan Honest Dairy.

Jalfpa Ltd telah menadatangani sale and purchase agreement pada 30 Agustus 2021. Adapun, AustAsia Investment Holdings Pte Ltd merupakan anak usaha Japfa Ltd yang mengoperasikan perusahaan susu dan peternakan sapi di China.

Berikut rincian Perjanjian Jual Beli tertanggal 30 Agustus 2021 tersebut:

  • Plutus Taurus Technology HK Limited, anak perusahaan dari Genki Forest Technology Group Holdings Limited akan mengakuisisi 5 persen saham AustAsia yang diterbitkan dari Japfa dengan nilai US$58,4 juta
  • Honest Dairy Group Co.Ltd. akan mengakuisisi 2,5 persen saham AustAsia yang diterbitkan dari Japfa dengan nilai US$29,2 juta.

Sebagai informasi, Genki Forest dan Honest Dairy mengembangkan perusahaan makanan dan minuman di China dan pelanggan AustAsia yang sudah ada, dengan potensi kuat untuk pertumbuhan di masa depan.

Transaksi ini memungkinkan AustAsia untuk bekerja sama dengan pemain hilir premium China yang strategis sebagai pemegang saham.

CEO Japfa Tan Yong Nang mengatakan, pihaknya menyambut Genki Forest and Honest Dairy sebagai mitra strategis baru untuk AustAsia. Japfa telah membangun AustAsia untuk menjadi produsen susu mentah independen terkemuka di China dengan menerapkan model bisnis industri untuk produksi susu dan keahlian peternakan sapi perah yang kuat.

"Bersama dengan semua mitra kami, kami berharap untuk lebih meningkatkan posisi AustAsia di pasar susu Cina yang dinamis dan menciptakan nilai jangka panjang,” kata dia dalam keterangan resmi di Bursa Efek Singapura (SGX), Selasa (31/8/2021)

Penyelesaian transaksi oleh Genki diharapkan dilakukan paling lambat 15 hari kerja  setelah tanggal pengumuman ini. Sementara penyelesaian transaksi oleh Honest Dairy diperkirakan akan memakan waktu paling lambat 3 hari kerja setelah tanggal pengumuman ini.

Transaksi yang diusulkan akan menghasilkan penerimaan tunai untuk Japfa sebesar US$87,6 juta dan karenanya memperkuat posisi keuangan Japfa Ltd. Jika dikonversikan ke rupiah pada posisi Rp14.341 per dolar AS, maka transaksi ini setara Rp1,25 triliun. 

Japfa Ltd bermaksud untuk menggunakan dana hasil penjualan saham untuk keperluan modal kerja umum dan korporasi.

Tahun lalu, pada Juli 2020, Meiji bergabung sebagai mitra strategis dengan mengakusisi 25 persen saham AustAsia. Setelah penutupan transaksi dengan Genki Forest dan Honest Dairy, Japfa akan tetap menjadi pemegang saham tunggal terbesar dan pengendali di AustAsia dengan kepemilikan 67,5 persen.

Sebagai informasi, AustAsia telah menunjukkan komitmen untuk mengembangkan kapasitas peternakan sapi perahnya dengan aksi akuisisi pada 30 Juni 2021 terhadap dua peternakan sapi perah di Shandong dengan kapasitas gabungan sebesar 16.000 ekor. Akuisisi ini disebut mengukuhkan posisi AustAsia sebagai salah satu produsen independen susu mentah terbesar di Tiongkok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Farid Firdaus
Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper