Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lepas dari Jerat ARB, Sampai Mana Saham GOTO Bakal Melaju?

Saham emiten teknologi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) berpotensi terus menguat hingga publikasi laporan keuangan 2022, selama harganya di atas level Rp108.
Pegawai mengamati layar yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Kamis (27/10/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha
Pegawai mengamati layar yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Kamis (27/10/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Saham emiten teknologi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) berpotensi terus menguat hingga publikasi laporan keuangan 2022, selama harga sahamnya mampu bertahan di atas level Rp108.

Analis MNC Sekuritas Herditya Wicaksana menuturkan secara teknikal, penguatan saham GOTO hari ini disertai dengan meningkatnya volume pembelian. Selain itu, Herditya melihat GOTO telah menembus fase sideways-nya dan resistance di level Rp108.

"Melalui indikator MACD, pergerakan GOTO masih berpeluang melanjutkan penguatannya karena sedang berada di area positif. Sedangkan, para pelaku pasar mungkin dapat memperhatikan Stochastic yang sudah mulai menyempit di area overboughtnya dan rawan terkoreksi," ujarnya kepada Bisnis, Selasa (17/1/2023).

Namun, lanjutnya, selama saham GOTO masih mampu bergerak di atas Rp99 - Rp108 sebagai titik supportnya, maka saham GOTO masih berpeluang menguat untuk menguji level Rp123 hingga Rp132.

Sementara itu, Analis Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova menjelaskan penguatan GOTO sejak awal tahun ini masih bisa berlanjut hingga nanti laporan keuangan tahunan dengan beberapa katalis penting. "Penguatan bisa berlanjut selama IHSG masih dalam tren yang juga positif, sehingga mood pelaku pasar masih baik. Bisa juga hingga menjelang rilis laporan keuangan tahun 2022 (full year)," kata Ivan.

Ivan melanjutkan yang perlu dicermati dari sisi teknikal adalah apabila GOTO mampu menguat dan bertahan di atas level Rp120 pada penutupan perdagangan harian. Menurutnya, level tersebut akan membuka peluang saham GOTO menuju Rp136 hingga Rp154, dengan analisis fibonacci retracement untuk mencari target pembalikan harga.

Direktur Pilarmas Investindo Maximiliaus Nicodemus menambahkan meskipun saham GOTO sempat turun tajam di Desember 2022, fundamental yang kuat dari GOTO telah membuat harga sahamnya mulai terkalibrasi. “Saat ini, menggunakan pendekatan Bollinger Band, atau salah satu indicator untuk melihat trend pergerakan saham, candlestick GOTO terlihat menembus band atas, sehingga berpotensi masih melanjutkan kenaikkan,” katanya.

Secara MACD, lanjut Maximilianus, saham GOTO terlihat masih memiliki ruang kenaikkan. Tanda golden cross ini sendiri terlihat sejak harga saham GOTO berada di level Rp89. Sejauh ini masih berpotensi mengalami kenaikkan didukung dengan volume yang cukup kuat. Secara RSI, masih ada ruang sedikit lagi untuk mengalami kenaikkan, sebelum menyentuh titik teratas.

“Sejauh ini kami melihat GOTO masih akan bergerak di level Rp104 – Rp115. Apabila sentiment mendukung, target terdekatnya akan berada di Rp123, dengan catatan GOTO harus konsisten di tutup di level Rp115,” katanya.

Sebagai informasi, selama 12 hari perdagangan Bursa di 2023, saham GOTO telah menguat selama 9 hari, dengan penguatan 24,47 persen selama year to date (YTD). Saham GOTO diperdagangkan pada rentang 107-117 pada perdagangan hari ini.

Rebound-nya saham GOTO ini mengerek kapitalisasi pasar, dan membuat GOTO masuk ke daftar 10 emiten dengan kapitalisasi pasar terbesar di BEI, menggeser PT Adaro Energy Indonesia Tbk. (ADRO). Hingga Senin (16/1/2023), kapitalisasi pasar GOTO tercatat sebesar Rp127 triliun, atau setara 1,37 persen dari total kapitalisasi pasar BEI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper