Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tesla Motors, Pabrikan Otomotif Terbaik ke-5 Sedunia

Produsen spesialis mobil listrik, Tesla Inc., berhasil melampaui posisi General Motors (GM) Co sebagai Most Valuable Carmaker di AS sehingga mendongkrak nilai kapitalisasi pasar hingga US$ 50,9 miliar
Tesla Motors CEO Elon Musk./REUTERS
Tesla Motors CEO Elon Musk./REUTERS

Bisnis.com, JAKARTA - Produsen spesialis mobil listrik, Tesla Inc., berhasil melampaui posisi General Motors (GM) Co sebagai ‘Most Valuable Carmaker’ di AS sehingga mendongkrak nilai kapitalisasi pasar hingga US$ 50,9 miliar dan bahkan hanya selisih US$1 miliar dengan perusahaan otomotif raksasa asal Jepang, Honda Motor Co., dan menempatkan posisi ke-5 manufaktur otomotif terbaik dunia.

Performa terbaik ini menunjukkan sejauh mana para investor ‘membeli’ visi yang ditawarkan oleh CEO Tesla Elon Musk terhadap masa depan mobil listrik. Meski GM mengalahkan Tesla dari sisi pasar dengan menghadirkan model plug-in Chevrolet Bolt yang memiliki harga serta spesifikasi yang serupa dengan Model 3 yang ditawarkan Tesla, perusahaan yang telah berdiri seabad lalu tersebut gagal dalam menyamakan antusiasme yang diderukan oleh rekannya yang lebih kecil dan belum menghasilkan keuntungan tinggi.

“Tesla mendongkrak optimisme, kebebasan, pembangkangan, dan emosi lainnya dalam pandangan kami dan tidak ada (perusahaan lain) yang dapat meniru hal itu,” ungkap Alexander Potter, seorang analis di Piper Jaffray Cos.

Perebutan posisi teratas yang dilakukan Tesla terhadap GM dan Ford kemungkinan akan menimbulkan perdebatan terhadap nilai perusahaan yang dijalankan oleh Musk tersebut dibandingkan dengan para manufaktur otomotif lainnya yang mencatat penjualan tertinggi di dunia.

“Arus kas seharusnya menentukan seberapa tinggi nilai sebuah perusahaan dan arus kas kami telah cukup baik akhir-akhir ini,” jelas Joe Hinrichs, President of Ford untuk pasar AS dalam wawancaranya dengan sejumlah reporter di New York. “Pada akhirnya, kami menjalankan bisnis ini untuk melayani pelanggan kami.”

Saat ini, Tesla bertengger di posisi 6 besar berdasarkan nilai kapitalisasi pasar yang berada di belakang posisi Toyota Motor Corp., Daimler AG, Volkswagen AG, BMW AG, dan Honda. Bahkan, hanya terpaut sekitar USD 1 miliar dengan raihan Honda yang mencatat kapitalisasi pasar sebesar US$52 miliar.

“Pasar lebih peduli pada nilai pasar baru yang potensial dibandingkan faktor lainnya. Tesla saat ini menunjukkan laba dan arus kas yang nyata,” tutur David Whiston, seorang analis di Morningstar Inc.

“Sekarang ini tidak ada apapun yang mampu melambatkan momentum Tesla tersebut. Mereka mungkin mampu membalap posisi Honda,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yusran Yunus
Editor : Rustam Agus
Sumber : Bloomberg

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper