Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Busi Tipe Dingin Stabilkan Panas Mesin Motor Balap

Performa sepeda motor yang prima dan mampu melesat dengan kecepatan tinggi dipengaruhi beberapa faktor, salah satunya adalah penggunaan busi yang sesuai karakter mesin.
Busi Uma Racing Laser Iridium AB9R. /HO-Antara
Busi Uma Racing Laser Iridium AB9R. /HO-Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Performa sepeda motor yang prima dan mampu melesat dengan kecepatan tinggi dipengaruhi beberapa faktor, salah satunya adalah penggunaan busi yang sesuai karakter mesin.

Pada mesin sepeda motor untuk balap membutuhkan busi tipe dingin guna menstabilkan panas dari mesin. Dengan penggunaan busi yang tepat, maka mesin akan sempurna saat mengoperasikan gerakan piston, dan tidak menghasilkan panas berlebihan pada komponen itu.

Haris Sakti Prabowo, mekanik tim Astra Motor Racing Team (ART) Yogyakarta untuk pembalap Fitriansyah Kete, mengatakan bahwa pemakaian busi Uma Racing "Laser Iridium" AB9R berperan banyak dalam menyempurnakan sistem pembakaran pada mesin.

"Saya akui, kalau busi Uma Racing 'Laser Iridium’ AB9R yang secara teknologi memang dirancang untuk balap. Bisa membuat sistem pembakaran pada mesin sangat sempurna," kata Haris Sakti Prabowo yang akrab disapa Mlethiz dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (8/12/2018).

Ia menjelaskan, busi tipe dingin itu memiliki tiga side electrode yang mampu memberikan titik api yang fokus. Hal itu berbeda dengan busi yang hanya memiliki satu side electrode karena titik api terkadang bisa meloncat atau tidak tepat.

"Jadi jelas itu bisa menyebabkan pembakaran pada mesin motor tidak sempurna. Selain itu busi terbaru ini juga tergolong busi bertipikal dingin. Jadi lebih bisa menstabilkan panas mesin," ungkap Mlethiz.

Pria yang juga dikenal sebagai engine builder itu juga menjelaskan bahwa busi Laser Iridium bisa menghasilkan pambakaran di ruang bakar yang sempurna dan merata.

Selain itu, ia menambahkan, busi Uma Racing yang juga diproduksi untuk penggunaan harian melalui tipe AB8R juga bisa memberikan panas mesin yang konsisten dan juga awet.

"Ketahanan inilah yang sebenarnya dibutuhkan buat mesin motor balap. Meski kuda besi tadi dipacu dengan kecepatan tinggi, mesinnya tidak mengalami panas yang berlebihan (over heat). Tapi lebih stabil dan bisa bertahan hingga berakhirnya putaran lap dengan kecepatan maksimal," tutup Mlethiz.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper