Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Traton Buka Jalan Bagi e-Logistik di Porsche

Traktor-trailer bergerak sangat pelan dari pabrik Porsche di Zuffenhausen. MAN eTGM semua-listrik menandai awal era baru operasi logistik produsen mobil sport.
Untuk terus maju dengan elektrifikasi kendaraan logistik Porsche, MAN eTGM semua-listrik sekarang digunakan di markas Porsche di Stuttgart-Zuffenhausen. /VOLKSWAGEN
Untuk terus maju dengan elektrifikasi kendaraan logistik Porsche, MAN eTGM semua-listrik sekarang digunakan di markas Porsche di Stuttgart-Zuffenhausen. /VOLKSWAGEN

Bisnis.com, WOLFBURG - Traktor-trailer bergerak sangat pelan dari pabrik Porsche di Zuffenhausen. MAN eTGM semua-listrik menandai awal era baru operasi logistik produsen mobil sport.

MAN eTGM adalah kendaraan pertama di Jerman yang dirancang untuk operasi sehari-hari. Traktor semi-trailer yang bebas emisi dan hampir senyap akan melengkapi armada kendaraan komersial yang digunakan untuk logistik produksi di Stuttgart-Zuffenhausen.

Markas besar Porsche saat ini sepenuhnya berfokus pada persiapan untuk memproduksi Porsche semua-listrik pertama. Traton berkomitmen untuk memfasilitasi transportasi berkelanjutan dengan solusi yang efisien dan andal. Solusi ini termasuk mesin pembakaran internal yang menggunakan bahan bakar alternatif dan sistem penggerak semua-listrik.

"Dengan mengintegrasikan e-truck ke dalam logistik produksi, Porsche telah mengambil langkah lain untuk menjadi pabrik tanpa dampak," kata Albrecht Reimold, Anggota Dewan Manajemen yang bertanggung jawab untuk produksi dan logistik di Porsche AG, Senin (14/1/2019).

Langkah ini adalah ambisi Porsche sebagai perusahaan untuk meninggalkan jejak karbon sekecil mungkin di seluruh rantai nilai. Perusahaan memulai sejumlah langkah dan mencapai berbagai tonggak dalam perjalanannya untuk menjadi pabrik tanpa dampak.

Sebagai bagian dari komitmennya, semua lokasi produksi Porsche hanya menggunakan energi yang dihasilkan dari sumber-sumber terbarukan sejak 2016.

Porsche juga berupaya untuk melistriki kendaraan logistiknya - termasuk van, truk, dan forklift. Traktor-trailer semua-listrik pertama merupakan lompatan kuantum dalam upaya perusahaan untuk membuat operasi logistiknya berkelanjutan.

Truk bertenaga baterai yang dikirim pada 14 Desember di Stuttgart adalah MAN eTGM 18.360 4x2 LL, kombinasi traktor-trailer yang dapat mencapai berat 32 ton di jalan. Baterai lithium-ionnya dapat menyimpan hingga 149 kWh dan memberikan eTGM jangkauan 130 kilometer.

Dengan e-truck untuk Porsche ini, MAN bergerak di sepanjang roadmap e-mobilitasnya. Mulai 2019, perusahaan berencana untuk meluncurkan seri kecil MAN eTGM yang akan diuji oleh berbagai pelanggan.

Spesialis kendaraan komersial ini akan menerapkan pengetahuan yang diperolehnya di Porsche pada rangkaian kecil kendaraan pertama yang direncanakan untuk 2019.

Manuel Marx, Kepala Pengembangan Kendaraan di MAN, mengatakan bahwa MAN eTGM mewakili langkah besar dalam upaya untuk menyiapkan kendaraan komersial listrik untuk produksi seri. Ini juga akan menunjukkan seberapa baik kendaraan ini dapat melakukan pekerjaannya setiap hari.

"Pengetahuan yang kami peroleh bersama dengan Porsche dari logistik pabrik reguler akan mengalir ke kendaraan lain yang akan digunakan untuk uji pelanggan pada 2019. Kami dengan penuh semangat mengerjakan truk-e kami.”

Kekuatan kendaraan listrik berkisar dari tingkat kebisingan yang rendah dan netralitas CO2 hingga pengurangan keausan dan penurunan kebutuhan perawatan. Berkat pemulihan, yaitu pemulihan energi selama pengereman melalui alternator, kendaraan listrik dapat melambat tanpa menggunakan rem mekanis dan tidak mengalami keausan pada rem dalam proses.

ETGM akan digunakan dalam operasi logistik pada rute sepanjang 19 kilometer yang membentang antara situs di Freiburg am Neckar yang dioperasikan oleh mitra logistik LGI dan pabrik Porsche di Stuttgart-Zuffenhausen.

Stasiun pengisian untuk truk listrik juga terletak di Freiberg. Ini adalah model pertama dari infrastruktur pengisian cepat baru yang akan dioperasikan oleh perusahaan patungan Ionity di masa depan.

Untuk aplikasi logistik ini, daya pengisian dirancang untuk maksimum 150 kWh, cukup untuk mengisi ulang truk untuk layanan 100 kilometer berikutnya dalam waktu pengisian 45 menit. Ini akan memastikan operasi berjalan lancar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper