Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tingkatkan Daya Saing, Volkswagen dan Ford Bangun Aliansi

Volkswagen AG dan Ford Motor Company membangun aliansi secara luas untuk meningkatkan daya saing dan melayani pelanggan dengan lebih baik di era perubahan yang cepat dalam industri ini.
Logo Volkswagen. /REUTERS
Logo Volkswagen. /REUTERS

Bisnis.com, WOLFBURG - Volkswagen AG dan Ford Motor Company membangun aliansi secara luas untuk meningkatkan daya saing dan melayani pelanggan dengan lebih baik di era perubahan yang cepat dalam industri ini.

CEO Volkswagen Herbert Diess dan CEO Ford Jim Hackett mengonfirmasi bahwa perusahaan bermaksud mengembangkan van komersial dan pikap ukuran sedang untuk pasar global mulai awal 2022.

"Aliansi ini akan mendorong skala dan efisiensi yang signifikan dan memungkinkan kedua perusahaan untuk berbagi investasi di arsitektur kendaraan yang menghadirkan kemampuan dan teknologi berbeda," ungkap Diess dalam keterangan pers, Selasa (15/1/2019).

Perusahaan memperkirakan van komersial dan kerja sama pikap akan menghasilkan hasil operasi pra-pajak tahunan yang meningkat, mulai tahun 2023.

Selain itu, Volkswagen dan Ford telah menandatangani nota kesepahaman untuk menyelidiki kolaborasi pada kendaraan otonom, layanan mobilitas dan kendaraan listrik dan telah mulai mengeksplorasi peluang.

Kedua perusahaan juga mengatakan mereka terbuka untuk mempertimbangkan program kendaraan tambahan di masa depan. Tim akan terus bekerja melalui detail dalam beberapa bulan mendatang.

"Seiring waktu, aliansi ini akan membantu kedua perusahaan menciptakan nilai dan memenuhi kebutuhan pelanggan dan masyarakat kami," kata Hackett. "Ini tidak hanya akan mendorong efisiensi yang signifikan dan membantu kedua perusahaan meningkatkan kebugaran mereka, tetapi juga memberi kita kesempatan untuk berkolaborasi dalam membentuk era mobilitas berikutnya."

Diess menambahkan, “Volkswagen dan Ford akan memanfaatkan sumber daya kolektif kami, kapabilitas inovasi dan posisi pasar yang saling melengkapi untuk melayani jutaan pelanggan dengan lebih baik di seluruh dunia. Pada saat yang sama, aliansi ini akan menjadi landasan bagi upaya kami untuk meningkatkan daya saing.”

Aliansi, yang tidak memerlukan kepemilikan silang antara kedua perusahaan, akan diatur oleh komite bersama. Komite ini akan dipimpin oleh Hackett dan Diess dan akan mencakup eksekutif senior dari kedua perusahaan.

Mobil van komersial dan kolaborasi pikap Ford dan Volkswagen keduanya memiliki bisnis van dan pikap komersial yang kuat di seluruh dunia, dengan papan nama populer seperti keluarga Ford Transit dan Ranger serta Volkswagen Transporter, Caddy dan Amarok.

Volume kendaraan komersial ringan kolektif perusahaan dari 2018 berjumlah sekitar 1,2 juta unit secara global, yang dapat mewakili kolaborasi volume tertinggi industri sebagai skala produksi.

Permintaan untuk pikap menengah dan van komersial diperkirakan akan tumbuh secara global dalam 5 tahun ke depan. Aliansi ini akan memungkinkan perusahaan untuk berbagi biaya pengembangan, meningkatkan kapasitas produksi masing-masing, meningkatkan kemampuan dan daya saing kendaraan mereka dan memberikan efisiensi biaya, sambil mempertahankan karakteristik merek yang berbeda.

Melalui aliansi ini, Ford akan merekayasa dan membangun pickup berukuran sedang untuk kedua perusahaan yang diperkirakan akan dipasarkan pada awal 2022. Untuk kedua belah pihak, Ford bermaksud untuk merekayasa dan membangun van komersial yang lebih besar untuk pelanggan Eropa, dan Volkswagen bermaksud untuk mengembangkan dan membangun sebuah city van.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper