Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indomobil Ambil Alih Penjualan KIA

PT Indomobil Sukses Internasional Tbk., menambah KIA dalam daftar kendaraan penumpang yang didistribusikan di Tanah Air. Hal itu terungkap dalam keterbukaan informasi pasar modal.
Logo KIA/Ilustrasi-danielbrewerton.co.uk
Logo KIA/Ilustrasi-danielbrewerton.co.uk

Bisnis.com, JAKARTA--PT Indomobil Sukses Internasional Tbk., menambah KIA dalam daftar kendaraan penumpang yang didistribusikan di Tanah Air. Hal itu terungkap dalam keterbukaan informasi pasar modal.

Emiten berkode IMAS melalui surat pada 21 Mei 2019 menyebutkan telah membentuk usaha patungan dengan nama PT Kreta Indo Artha, perusahaan yang bergerak dalam bidang perdagangan dan industri kendaraan bermotor roda empat atau lebih.

"Menjalankan usaha perdagangan kendaraan bermotor roda empat atau lebih dengan menggunakan merek KIA,"tulis keterbukaan informasi yang dikutip, Rabu (26/6/2019).

Pihak yang terkait dalam perusahaan patungan ini ialah PT Indomobil Sukses Internasional Tbk dan PT Sarimitra Kusuma Ekajaya. Dalam keterbukaan informasi disebutkan modal dasar usaha patungan ini senilai Rp100 miliar dengan modal ditempatkan dan disetor senilai Rp25 miliar.

Indomobil memiliki 60% dari total modal yang disetor atau setara dengan Rp15 miliar, sementara PT Sarimitra Kusuma Ekajaya sebesar 40% setara dengan Rp10 miliar.

Adapun, penjualan merek KIA di Tanah Air selama ini ditangani oleh PT Kia Mobil Indonesia (KMI). Penjualan merek KIA ini beberapa bulan terakhir tidak begitu menggembirakan dan sempat diberitakan menutup beberapa jaringan dilernya.

KMI terakhir memperkenalkan produk pada Juli 2018 ketika menghadirkan KIA Grand Sedona Diesel. Mobil ini didatangkan secara utuh dari Korea Selatan.

Sekadar catatan, saat ini Indomobil telah menjadi distributor penjualan beberapa merek kendaraan penumpang ternama. Laman resmi Indomobil mencatat beberapa merek itu ialah Audi, Volkswagen, Nissan, Datsun dan Suzuki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper