Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kadin : Mobil Listrik Cocok untuk Ibu Kota Baru

Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) menilai kendaraan listrik cocok digunakan untuk calon Ibu Kota Negara di Kalimantan.
ilustrasi/Bisnis.com
ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) menilai kendaraan listrik cocok digunakan untuk calon Ibu Kota Negara di Kalimantan. Pasalnya, kendaraan listrik cocok dengan semangat Ibu Kota yakni kota cerdas & ramah lingkungan.

Ketua Umum Kadin Rosan P. Roeslani mengatakan, untuk mempercepatan penggunaan kendaraan listrik harus dimulai dari pemerintah. Saat ini pemerintah telah membuat langkah maju dengan memutuskan menggunakan kendaraan hibrida untuk mobil dinas menteri.

"Saya pikir itu akan menjadi terobosan Ibu Kota yang menggunakan kendaraan listrik baik hibrida ataupun baterai. Kenapa tidak toh kita masih punya waktu untuk membangun infrastrutkurnya dari sekarang," ujarnya di Jakarta, Selasa (27/8/2019).

Toyota Crown 2.5 HV G-Executive telah dipilih menjadi kendaraan dinas bagi para pejabat pemerintah setingkat menteri. Mobil ini ditopan oleh mesin hybrid 2.500 cc 4 silinder dengan potensi tenaga gabungan 226 PS.

Rosan menuturkan, salah satu tantangan kendaraan listrik selain intensitf untuk menekan harga jual ialah infrastruktur pengisian daya. Pertamina, PLN, dan swasta, katanya, perlu dilibatkan sehingga ekosistem kendaraan listrik bisa bertumbuh lebih cepat.

"Misalnya setiap SPBU harus ada charging port yang paling cepat memang mendorong BUMN dan tentu saja swasta juga didorong," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola
Editor : Galih Kurniawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper