Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mau Beli Mobil? Cek Dulu Promosi Akhir Tahun Toyota, Suzuki, Honda & Mitsubishi Berikut Ini

Kuartal IV/2019 menjadi periode terakhir bagi sejumlah merek untuk mengerek penjualan ataupun menghabiskan stok barang produksi tahun ini.
Pameran kendaraan./ANTARA
Pameran kendaraan./ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA – Memasuk kuartal IV/2019 sejumlah merek kendaraan penumpang kian gencar memberikan program penjualan. Iming-iming uang muka murah, cicilan ringan hingga hadiah lainnya menjadi salah satu cara untuk menarik minat konsumen memberi kendaraaan.

Seperti diketahui pada tahun ini penjualan kendaraan nasional masih melambat. Penurunan paling dalam terjadi pada semester I/2019, sedangkan memasuki semester kedua penjualan mulai bergerak naik tetapi diproyeksi sulit untuk menyamai capaian tahun 2018 yang sebanyak 1,15 juta unit.

Kuartal IV/2019 menjadi periode terakhir bagi sejumlah merek untuk mengerek penjualan ataupun menghabiskan stok barang produksi tahun ini. Di sisi lain, konsumen juga punya kecenderungan menahan belanja hingga akhir tahun untuk mendapatkan paket promosi penjualan.

Bisnis merangkum beberapa program penjualan yang ditawarkan oleh merek kendaraan penumpang.

  1. Toyota

Sebagai pemimpin pasar, kinerja penjualan Toyota pada tahun ini tergolong cukup baik. Kendati melambat, Toyota masih mampu menjaga pangsa pasar pada level 32% per Agustus 2019. Hingga September 2019, Toyota telah mengirimkan kendaraan ke konsumen sebanyak 239.600-an unit.

Beberapa model terlaris Toyota seperti New Avanza-Veloz, Toyota Rush, Innova, dan Calya masih mampu memimpin pasar pada masing-masing segmen.

Untuk akhir tahun, PT Toyota-Astra Motor (TAM) menggelar program Toyota Spektakuler: Semakin Banyak Keuntungan di Akhir Tahun. Pada program penjualan ini TAM menawarkan special rate 3,7% flat 3 tahun yang didukung oleh pembiyaaan Group Astra.

Mau Beli Mobil? Cek Dulu Promosi Akhir Tahun Toyota, Suzuki, Honda & Mitsubishi Berikut Ini

All New Altis/Toyota

Toyota juga menawarkan bunga rendah dengan uang muka beragam. Untuk Avanza-Veloz misalnya, Toyota menawarkan uang muka mulai Rp10 juta dengan cicilan ringan hingga Rp3 juta tenor 4 tahun-5 tahun.

Untuk model Toyota lainnya seperti Innova atau Fortuner, perbedaan hanya pada uang muka dan jumlah cicilan dengan tenor yang hampir sama pada kisaran 4-5 tahun. Toyota juga menawarkan program trade-in untuk dan gratis cicilan 1 bulan untuk pembelian model low cost green car (LCGC) Agya.

Toyota juga masih menyimpan lucky draw berupa 1 unit Toyota Alphard, 3 unit C-HR Hybrid dan 90 iphone 11. Tentu semua program itu dengan syarat dan ketentuan berlaku.

2 Suzuki

Penjualan kendaraan Suzuki pada Januari-Agustus 2019 juga melambat. Suzuki tercatat mampu mengirimkan kendaraan ke dealer sebanyak 63.351 unit, turun cukup dalam karena tahun lalu pada periode yang sama mampu mengirimkan sebanyak 82.197 unit.

Tahun ini, Suzuki mengincar pangsa pasar pada level 11%, sedangkan hingga Agustus 2019 berada pada level 9,6%. Kontributor utama penjualan Suzuki saat ini ialah New Carry dan All New Ertiga.

Mau Beli Mobil? Cek Dulu Promosi Akhir Tahun Toyota, Suzuki, Honda & Mitsubishi Berikut Ini

All New Ertiga/SIS

Untuk akhir tahun, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menggelar program bertajuk Gempita (Gemilang Paket Akhir Tahun). Untuk pembelian All New Ertiga dan Baleno Suzuki menawarkan hadiah barupa Iphone XS 64 GB dan Ipad Pro 64GB.

Adapun, untuk pembelian New Carry Suzuki selain beragam keuntungan memiliki Carry, SIS juga juga menawarkan hadiah berupa All New Satria F150.

  1. Honda

Kinerja penjualan Honda juga tidak luput dari perlambatan pasar. Pada awal semester II/2019, PT Honda Prospect Motor (HPM) mengaku mengalami tren positif di mana penjualan mulai bergarak naik.

HPM mengatakan pada Januari-September 2019, Honda telah mengirimkan kendaraan ke konsumen sebanyak 109.691 unit, sedikit lebih rendah dibandingkan periode yang sama 2018 yang sebanyak 121.873 unit.

Mau Beli Mobil? Cek Dulu Promosi Akhir Tahun Toyota, Suzuki, Honda & Mitsubishi Berikut Ini

Honda Accord/HPM

Untuk program penjualan, Honda menggelar program End Year Surprise bagi konsumen yang melakukan pembelian New Honda Mobilio, New Honda BR-V, All New Honda Brio, dan New Honda HR-V.

Setiap pembelian mobil New Honda Mobilio dan New Honda BR-V konsumen mendapatkan hadiah langsung berupa gratis biaya jasa servis berkala hingga 50.000 km atau 4 tahun dan uang bensin senilai Rp6 juta.

HPM juga menawarkan tambahan cashback sebesar Rp5 juta pun dapat didapatkan oleh konsumen Honda melalui program Honda Loyalist, Apresiasi Dunia Pendidikan atau Honda Upgrader.

Adapun untuk pembelian All New Honda Brio, dan New Honda HR-V akan mendapatkan gratis biaya jasa servis berkala hingga 50.000 km atau 4 tahun melalui program Honda Loyalist dan Apresiasi Dunia Pendidikan.

Selama program End Year Surprise berlangsung, Honda akan mengadakan Honda HR-V Special Week bagi calon konsumen dan berkesempatan untuk mendapatkan uang bensin senilai Rp2 juta pada setiap pembelian New Honda HR-V di acara tersebut.

  1. Mitsubishi Motors

Tidak ketinggal Mitsubishi Motors juga menggelar progam penjualan akhir tahun. Pada Oktober, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menawarkan bunga rendah hingga 0% dengan tenor 2 tahun atau uang muka ringan mulai dari 10% atau gratis asuransi 2 tahun untuk pembelian melalui PT Dipo Star Finance.

Mau Beli Mobil? Cek Dulu Promosi Akhir Tahun Toyota, Suzuki, Honda & Mitsubishi Berikut Ini

Xpander/MMKSI

Promosi penjualan Mitsubishi juga menawarkan gratis kaca film Konica Minolta, gratis biaya jasa hingga 50.000 km atau 4 tahun dan lainnya. Dua produk yang didorong untuk mengerek volume penjualan ialah Pajero Sport dan Xpander.

Sebelumnya, MMKSI juga menyatakan tengah menyiapkan program penjualan akhir tahun. Selain itu, ada juga program lain yang tengah disiapkan pada akhir tahun 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola
Editor : Galih Kurniawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper