Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Škoda 1000 MB (1964–1969) Wujud Perubahan Konsep yang Revolusioner

Skoda merayakan 125 tahun perjalanan sejarah di dunia otomotif. Skoda 1000 MB (1964–1969) menjadi mobil pertama yang diproduksi massal dari Republik Ceko berdasarkan desain perintis dengan bodi mandiri dan mesin ringan di bagian belakang.
Skoda 1000 MB. Skoda
Skoda 1000 MB. Skoda

Bisnis.com, JAKARTA - Skoda merayakan 125 tahun perjalanan sejarah di dunia otomotif. Skoda 1000 MB (1964–1969) menjadi mobil pertama yang diproduksi massal dari Republik Ceko berdasarkan desain perintis dengan bodi mandiri dan mesin ringan di bagian belakang.

Skoda membangun lini produksi yang benar-benar baru dan modern untuk 1000 MB baru di pabrik utama di Mladá Boleslav. Dengan unit penggerak kompak di bagian belakang bodi swasembada, mobil empat pintu yang elegan ini merupakan salah satu kendaraan tercanggih di kelas 1.0 liter pada 1960-an.

Pada musim semi 1964, Skoda mengubah konsep desainnya dan sekali lagi mendemonstrasikan kompetensi teknik industri mobil Ceko dengan 1000 MB. Model inovatif ini didasarkan pada filosofi yang sama sekali baru: mesin empat silinder modernnya dipindahkan ke bagian belakang untuk menggerakkan roda belakang.

Banyak perubahan pionir lainnya juga dilakukan. Misalnya, rumah silinder dan poros engkol, serta rumah bel transmisi manual empat kecepatan, terbuat dari aluminium cor ringan. Berkat paten dari insinyur Ceko Josef Polák pada 1922, suku cadang ini dapat diproduksi dalam waktu yang jauh lebih singkat dan dengan konsumsi energi yang berkurang.

Skoda melanjutkan tradisi 65 tahunnya di bidang desain dan manufaktur mesin. Hanya menjadi jelas seiring berjalannya waktu betapa visionernya keluarga mesin baru itu: ia melanjutkan kariernya hingga 1990-an setelah Skoda Auto bergabung dengan Grup Volkswagen.

Skoda juga secara komprehensif mengadaptasi fasilitas manufakturnya untuk menghasilkan 1000 MB yang revolusioner, dan jalur produksi berteknologi maju didirikan di bagian baru pabrik Mladá Boleslav. Pada jalur ini, bodi swadaya mobil empat pintu ini dirakit dari 665 bagian yang dipres dan dengan 6.900 titik las.

Skoda 1000 MB diluncurkan sebagai penerus Octavia yang sukses, yang dibuat oleh Skoda dari 1959 hingga 1964. Pengembangan model notchback dilakukan dengan nama proyek NOV (Nový Osobní Vuz), yang diterjemahkan menjadi kendaraan penumpang baru.

Pada awal 1960-an, 1000 MB menjadi sasaran uji praktis dalam kondisi iklim yang ekstrem. Selain berasal dari Mladá Boleslav (MB), penunjukan tipe terakhirnya juga mengacu pada perpindahan mesin empat silinder, yaitu 1.000cc.

Mesin in-line berpendingin air dengan katup OHV di atas kepala awalnya menghasilkan 37 hp (27 kW), membuat mobil keluarga yang dirancang secara inovatif, yang beratnya hanya 755 kilogram berkat penggunaan ekstensif paduan aluminium, mudah ditangani.

Skoda 1000 MB mencapai kecepatan tertinggi 120 km / jam dan rata-rata menghabiskan tujuh hingga delapan liter bensin per 100 kilometer. Pada 1966, output tenaga meningkat menjadi 43 hp (32 kW) dan mesin kedua ditambahkan ke kisaran - 52 hp (38 kW) 1100 MB.

Versi dua pintu MBX menambahkan sentuhan kemewahan - permintaan tinggi di antara kolektor mobil klasik saat ini.

Meskipun dimensinya kompak dengan panjang 4,17 meter, lebar 1,62 meter, dan tinggi 1,39 meter, Skoda 1000 MB menawarkan interior yang sangat luas dan fungsional. Model itu memiliki dua sepatu bot: kompartemen bagasi di belakang jok belakang bahkan bisa diakses selama perjalanan; bagian depan menawarkan volume hingga 220 liter.

Filosofi Simply Clever Skoda ditunjukkan melalui ide-ide seperti memasang roda cadangan di belakang bagian topeng depan yang dapat dilipat. Ini memungkinkan akses ke roda cadangan tanpa harus membongkar bagasi depan. Selain itu, ada kursi yang bisa dibawa ke posisi tidur dengan melipatnya.

Selain teknologi modern, desain Skoda 1000 MB dengan garis-garis menyapu, lekukan halus, dan lampu depan yang tersembunyi di sayap juga merupakan langkah maju yang besar. Lampu belakang berbentuk drop, misalnya, merupakan elemen desain yang apik, sedangkan perhatian yang besar terhadap detail terlihat jelas, misalnya pada lambang putar dengan panah bersayap yang menutupi leher pengisi bahan bakar di sisi kanan.

Lebih dari setengah dari 440.639 Skoda 1000 MB dan 1100 MB notchback sedan diekspor ke banyak pasar, antara 1964 dan 1969. Pada 1965, misalnya, pengiriman ke luar negeri menyumbang 70 persen dari produksi. Potensi konsep mesin belakang ditunjukkan oleh kesuksesan sporty dari model 1000 MB dan model Skoda yang lebih baru seperti 130 RS yang legendaris.

1000 MB biru dalam foto yang ditampilkan di sini berasal dari tahun 1966 dan merupakan bagian dari koleksi kendaraan Museum Skoda di Mladá Boleslav.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper