Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Besok PPnBM Mobil Nol Persen, Ini Kisaran Harga Mobkas di Dealer

Pada awal masa pandemi Covid-19 rata-rata dealer mobkas paling banyak menjual lima unit roda empat dalam sebulan dan dengan adanya PPnBM kemungkinan hal tersebut akan terjadi lagi.
Ilustrasi tempat penjualan mobil bekas./Antara/Chairul Rohman
Ilustrasi tempat penjualan mobil bekas./Antara/Chairul Rohman

Bisnis.com, JAKARTA - Sejumlah pengusaha mobil bekas di Bandarlampung, mengatakan kebijakan relaksasi pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) akan berdampak terhadap penjualan mereka dan harga mobil bekas turun.

"Mungkin dengan diterapkannya PPnBM, penjualan mobil bekas akan goyang seperti awal Pandemi Covid-19," kata pemilik gerai penjualan Mobkas Bangkit Sahabat Indo, Rifan, di Bandarlampung, Minggu (28/2/2021).

Ia mengungkapkan bahwa pada awal masa pandemi Covid-19 rata-rata dealer mobkas paling banyak menjual lima unit roda empat dalam sebulan dan dengan adanya PPnBM kemungkinan hal tersebut akan terjadi lagi.

"Sebab masyarakat akan lebih memilih mobil baru dengan harga relatif murah karena adanya PPnBM dibandingkan mobil bekas," kata dia.

Ia pun mengatakan bahwa dampak PPnBM sudah mulai terasa di bulan Februari ini, dimana penjualan mulai berkurang ditambah sales dari dealer resmi masif melakukan sosialisasi sehingga banyak konsumen telah memesan mobil baru.

"Tapi kan setahu saya PPnBM hanya tiga bulan saja, setelah itu mungkin penjualan mobkas akan normal," katanya.

Hal serupa diungkapkan oleh pemilik showroom mobkas lainnya Mitra Kencana Motor Fahmi.

Menurutnya, guna menyiasati dampak dari PPnBM terhadap penjualan mobkas rata-rata "show room" akan membeli mobil bekas dari konsumen yang terkena PPnBM juga dan menjualnya pun dengan harga yang lebih rendah dari biasanya.

Ia pun mengungkapkan bahwa mobil-mobil yang terkena PPnBM merupakan kendaraan yang memiliki mesin 1.500 cc saja, seperti Avanza Veloz tahun 2016 ke atas, Rush 2016 ke atas Honda Jazz dan Toyota Yaris 2017 ke atas dan lainnya.

"Nah mobil-mobil itu kita beli dari konsumennya jelas dengan harga rendah dan menjualnya pun tidak tinggi karena kalau kami jual tinggi tidak ada yang beli karena enak ambil di dealer resmi karena ada PPnBM," kata dia.

Adapun harga mobil bekas Avanza Veloz tahun 2016 ke atas sebelum PPnBM rata-rata showroom mobkas menjualnya kisaran harga Rp150 juta hingga Rp180 juta namun kemungkinan setelah adanya PPnBM harganya jualnya berkisar Rp120 juta sampai Rp150 juta.

Kemudian, Rush 2016 ke atas biasa jual berkisar Rp200 juta lebih setelah ada PPnBM kemungkinan harga jualnya berkisar Rp160 juta sampai Rp180 juta. Sedangkan untuk jenis sedannya yakni Honda Jazz dan Toyota Yaris di atas tahun 2017 biasa jual biasa jual Rp210 juta mungkin dengan adanya PPnBM menjadi Rp160 juta sampai Rp170 juta.

"Namun karena PPnBM ini hanya berlaku tiga bulan maka setelah itu kita harapkan penjualan dan harga akan kembali normal," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper