Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penjualan Sepeda Motor Oktober Meningkat 4,5 Persen, Tapi..

Berdasarkan data AISI, penjualan sepeda motor domestik pada Oktober 2022 mencatatkan peningkatan 4,5 persen secara mont to month (mtm).
Sepeda motor/Bisnis.com
Sepeda motor/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Penjualan sepeda motor domestik pada Oktober 2022 mencatatkan peningkatan 4,5 persen secara month to month (mtm). Namun, kinerja keseluruhan periode Januari-Oktober masih mengalami penurunan. 

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualan pada Oktober 2022 tercatat meningkat ke angka 537,587 unit atau naik 4,5 persen mtm dibandingkan September dengan penjualan sebesar 514.460 unit.

Peningkatan penjualan secara year to year (yty) juga meningkat cukup signifikan, yaitu naik 21 persen atau naik sebanyak 88.945 unit dari bulan yang sama pada 2021, yaitu 444.726 unit.

Kemudian, penjualan sepeda motor domestik selama periode Januari-Oktober 2022 tercatat mengalami penurunan cukup tipis, yaitu 1,3 persen atau 55.186 unit dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 4.205.133 unit.

Adapun, dari segi ekspor sepeda motor pada Oktober meningkat sangat tipis secara mtm yang naik 0,5 persen atau 356 unit, dibandingkan ekspor September berada di angka 75.012 unit. Ekspor pada Oktober 2022 pun lebih tinggi 6 persen yoy atau naik 4.941 unit dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.

Dalam kesempatan 'Indonesia Motorcycle Show 2022' (IMOS), Ketua Umum AISI Johannes Loman optimistis peningkatan penjualan sepeda motor tahun ini akan terjadi. Pasalnya, pasokan semikonduktor sudah mulai pulih dan daya beli masyarakat juga mulai tumbuh.

“Pulihnya pasokan semikonduktor dan pertumbuhan ekonomi terjadi, serta daya beli masyarakat terpelihara membuat kami optimis meningkatkan kontribusi pertumbuhan penjualan pasar domestik,” ujar Loman dalam ajang IMOS 2022 beberapa waktu yang lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper