Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penjelasan Beli Motor Listrik Gesits Belum Dapat Subsidi Rp7 Juta

Gesits menjelaskan pembelian motor listrik yang belum bisa mendapatkan subsidi Rp7 juta.
Pengunjung mencoba motor listrik Gesit di Jakarta, Selasa (3/1/2023). Bisnis/Abdurachman
Pengunjung mencoba motor listrik Gesit di Jakarta, Selasa (3/1/2023). Bisnis/Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA - Gesits menjelaskan soal pembelian motor listrik yang belum bisa mendapatkan subsidi senilai Rp7 juta dari pemerintah hingga saat ini.

Corporate Communications Officer PT WIKA Industri Manufaktur (WIMA) Rio C Andesta, mengatakan penundaan pembelian Gesits masih ditunda karena masih menunggu verifikasi dari sistem verifikasi pemerintah.

"Kami APM harus mendaftarkan dulu untuk verifikasi, namun sampai saat ini belum dapet ini lanjutan terkait verifikatornya," ujar Rio kepada Bisnis, dikutip Selasa (28/3/2023).

Sebagaimana diketahui, Sistem Informasi Pemberian Bantuan Pembelian Kendaraan Listrik atau Sisapira merupakan situs untuk mendata produk untuk penerima program subsidi.

Nantinya, perusahaan motor listrik dapat mendaftarkan produknya, mulai dari menyampaikan data produksi, kandungan lokal atau TKDN hingga alat verifikasi penerima subsidi kendaraan listrik pemerintah.

Adapun, meski tidak menyebut secara terperinci berapa unit yang sudah dipesan. Pihak Gesits menyampaikan bahwa permintaan untuk produknya diklaim cukup tinggi setelah diumumkannya subsidi motor listrik.

Sebagai informasi, PT Wika Industri Manufaktur (WIMA) melalui merek Gesits telah mengantongi sertifikat 60 persen untuk kedua motor listriknya, yakni Gesits G1 dan Raya.

Berdasarkan situs resmi P3DN, Gesits Raya baru saja mengantongi sertifikat TKDN dengan nomor 2834/SJ-IND.8/TKDN/3/2023 sebesar 60,30 persen pada 21 Maret 2023. Verifikator tercatat yaitu PT Surveyor Indonesia.

Spesifikasi singkatnya, Gesits Raya telah disematkan baterai 72 Volt 20 Ampere dengan kecepatan mencapai 60 km untuk satu baterai dan 120 km jika dua baterai. Motor ini juga mampu melesat 70 km per jam dengan waktu pengisian selama 3 jam.

Mengacu data yang sama, model Gesits G1 juga telah mendapatkan mengantongi TKDN terbaru sebesar 60.56 persen.

Nomor sertifikat yang tercantum 2833/SJ-IND.8/TKDN/3/2023 pada 21 Maret 2023. Sama seperti Raya, pengisian motor listrik ini memakan waktu tiga jam. Gesits G1 menggunakan tenaga listrik dengan daya motor 5 Kw.

Sekali pengisian daya, motor listrik Gesits ini bisa digunakan untuk berkendara sejauh sekitar 50 kilomter untuk baterai tunggal dan 100 kilometer untuk baterai ganda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper