Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Warga 12 Kampung Distrik Oridek Dambakan Air Bersih

Warga di 12 kampung daerah pedalaman Distrik Oridek Kabupaten Biak Numfor, Papua, sangat mendambakan program penyediaan sarana air bersih.
Kepala Suku Bar Aur 12 kampung Distrik Oridek Zeth Makmaker./Antara-Muhsidin
Kepala Suku Bar Aur 12 kampung Distrik Oridek Zeth Makmaker./Antara-Muhsidin

Bisnis.com, BIAK – Warga di 12 kampung daerah pedalaman Distrik Oridek Kabupaten Biak Numfor, Papua, sangat mendambakan program penyediaan sarana air bersih untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat dalam mencuci pakaian dan memasak.

"Usulan program pemenuhan sarana air bersih masih menjadi prioritas yang diminta masyarakat 12 kampung Distrik Oridek," ungkap Kepala Suku Bar Aur Oridek Zeth Makmaker dihubungi di Biak, Minggu (31/3/2019).

Dia menjelaskan selama ini masyarakat kampung di pedalaman distrik Oridek dalam memenuhi kebutuhan air minum dengan menadah air hujan yang turun untuk keperluan konsumsi keseharian warga.

Oleh sebab itu, Makmaker mengharapkan perlu adanya kebijakan baru dilakukan bupati setempat Herry Ario Naap untuk memenuhi kebutuhan sarana air bersih bagi warga kampung di wilayah pedalaman Distrik Oridek.

"Dewan Adat sudah mengiventarisasi kebutuhan warga 12 kampung diantaranya sarana air bersih, rumah sehat, insfrauktur jalan, layanan kesehatan, pendidikan dan angkutan umum," tambahnya.

Dia berharap di masa kepemimpinan Bupati Herry Ario Naap berbagai program kebijakan Pemkav Biak Numfor terus diarahkan ke masyarakat kampung yang sangat dominan merupakan penduduk orang asli Papua.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Biak Setyo Budi mengakui untuk pembangunan rumah sehat bagi masyarakat kampung telah diprogramkan pemerintah daerah setiap tahun.

"Untuk pengerjaan pembangunan rumah bantuan pemerintah diprogramkan melalui program TNI Manunggal Membangun Desa sedangkan kebutuhan lain seperti sarana air bersih, kesehatan, pendidikan akan dikoordinasikan dengan instansi terkait," ujarnya.

Berdasarkan data, pada 2018 Kementerian Energi Sumber Daya Mineral membangun delapan unit sumur bor melalui APBN Rp3,2 miliar tersebar di Kabupaten Biak Numfor, Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, dan Kabupaten Keerom untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga setempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper