Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Langkah Balai Karantina Ternate Optimalkan Ekspor

Balai Karantina Kelas II Ternate, Maluku Utara, mendukung optimalisasi ekspor dari wilayah tersebut, terutama untuk komoditas perkebunan seperti kopra dan pala.
Kopra merupakan salah satu komoditas ekspor Maluku Utara./Antara
Kopra merupakan salah satu komoditas ekspor Maluku Utara./Antara

Bisnis.com, TERNATE – Balai Karantina Kelas II Ternate, Maluku Utara, mendukung optimalisasi ekspor dari wilayah tersebut, terutama untuk komoditas perkebunan seperti kopra dan pala.

Plt Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas II TernateIda Bagus Hary Soma Wijaya menyebutkan pihaknya telah menjalin komunikasi dengan berbagai instansi terkait untuk mengatasi berbagai kendala ekspor komoditas di daerah tersebut, termasuk terkait dengan minimnya investor, keterbatasan infrastruktur, dan tata niaga pertanian.

Sementara dukungan dalam layanan karantina, kata dia, pemeriksaan karantina sudah melakukan sistem jemput bola atau proaktif dengan memeriksa komoditas tersebut saat ada di tempat pemilik, sehingga mengeliminasi hambatan lalu lintas barang saat ekspor.

Selain itu pihaknya juga terus melakukan pembinaan yang terintegrasi melalui sistem in line inspection, sehingga eksportir dapat menghasilkan output produk yang sesuai persyaratan di negara tujuan tanpa banyak penolakan atau ketidaksesuaian produk.

Sementara itu, Kepala Badan Karantina Pertanian, Ali Jamil dihubungi terpisah menyatakan saat ini, komoditas eperti pala asal Maluku Utara memiliki kualitas terbaik dan diminati pasar dunia.

Oleh karena itu, dia menyarankan agar ekspor pala dan produk turunannya lebih dikembangkan lagi dan tidak dalam bentuk bahan baku.

Dia mencontohkan seperti produk kulit pala (fuli) dapat diteliti dan dikembangkan produk turunannya. "Fuli ini perlu juga kita teliti, supaya nanti ekspornya, setidaknya barang setengah jadi atau lebih baik lagi adalah barang siap pakai," kata Ali Jamil.

Dengan demikian, dia berharap ada nilai tambah lebih besar ke petani.

Sementara itu, Kepala BPS Maluku Utara Atas Perlindungan Lubis menyebutkan nilai ekspor provinsi ini pada Juli 2019 sebesar US$56,47 juta, naik 1,42 persen dibandingkan dengan Juni 2019 yang US$55,68 juta.

Ekspor Maluku Utara pada Juli 2019 berupa golongan barang bijih, kerak, dan abu logam (HS 26) ke China dan Ukraina, serta besi dan baja (HS 72) ke Korea Selatan.

"Secara kumulatif, ekspor Maluku Utara Januari–Juli 2019 sebesar US$420,07 juta, meningkat 23,84 persen dibandingkan dengan periode Januari–Juli 2018 yang US$ 339,21 juta," kata Lubis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler