Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tenaga Medis Disiapkan di Lokasi Pemotongan Hewan Kurban di Maluku

Tenaga medis dikerahkan untuk mengawasi penerapan protokol kesehatan Covid-19 di lokasi pemotongan hewan di berbagai wilayah Provinsi Maluku.
Ilustrasi: hewan kurban
Ilustrasi: hewan kurban

Bisnis.com, AMBON - Tenaga medis dikerahkan untuk mengawasi penerapan protokol kesehatan Covid-19 di lokasi pemotongan hewan di berbagai wilayah Provinsi Maluku.

Kepala Dinas Pertanian Provinsi Maluku Diana Padang mengatakan instansinya akan menyiagakan tenaga medis di sebagian lokasi pemotongan hewan kurban dalam upaya memastikan protokol pencegahan Covid-19 diterapkan dalam kegiatan tersebut.

"Kami akan usahakan, walaupun tenaga medis sangat terbatas, akan upayakan kehadiran mereka di lokasi pemotongan yang sudah ditentukan," katanya Sabtu (25/7/2020) seperti dilaporkan Antara.

Ia menjelaskan, pemerintah sudah menerbitkan peraturan mengenai pemotongan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha guna mencegah penularan penyakit termasuk Covid-19.

"Kegiatan ini tentunya perlu dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan untuk pencegahan penularan atau penyebaran Covid-19," ujarnya.

Menurut dia, sosialisasi mengenai tata laksana penyembelihan hewan kurban pada masa pandemi Covid-19 sudah dilakukan.

Dalam upaya mencegah penularan penyakit tersebut, kegiatan penyembelihan hewan kurban harus dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang mencakup pengenaan masker, pembatasan jarak antar-personel, pembersihan tempat pemotongan hewan, dan penyediaan tempat cuci tangan.

Selain itu, ia mengatakan, dokter hewan akan memeriksa kondisi hewan kurban sebelum dan setelah disembelih.

"Pemeriksaan antemortem dilakukan maksimum 24 jam sebelum hewan dipotong, unsur-unsur yang diperiksa meliputi status gizi dan keaktifan, sikap hewan berdiri dan bergerak dilihat dari segala arah, kemudian lubang kumlah, selaput lendir mulut, mata dan cermin hidung," katanya.

Sedangkan pemeriksaan postmortem, ia melanjutkan, meliputi pemeriksaan karkas dan organ dalam seperti jantung, hati, paru-paru, ginjal, dan saluran pencernaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Sutarno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler