Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Covid-19 di Papua Mencapai 6.781 Kasus

Data Tim Gugus Tugas Covid-19 nasional merilis ada pertambahan 91 kasus Covid-19 baru per Minggu (4/10/2020) sehingga kumulatif kasus di daerah setempat 6.781 kasus.
Petugas Satuan Lalu Lintas Polres Sorong Kota (kiri) mengingatkan pentingnya penggunaan masker kepada warga di Kota Sorong, Papua Barat, Kamis (10/9/2020)./Antara-Olha Mulalinda
Petugas Satuan Lalu Lintas Polres Sorong Kota (kiri) mengingatkan pentingnya penggunaan masker kepada warga di Kota Sorong, Papua Barat, Kamis (10/9/2020)./Antara-Olha Mulalinda

Bisnis.com, PAPUA - Juru bicara Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Papua, dr Silwanus Sumule menyebutkan sejak 17 Maret sampai 3 Oktober 2020 sebanyak 6.736 warga terkonfirmasi positif di wilayahnya.

Kepada Antara di Jayapura, Minggu (4/10/2020), Silwanus mengatakan pada Sabtu (3/10) sebanyak 141 warga positif Covid-19 dengan sebaran, di Kabupaten Mimika 37 orang, Kabupaten Kepulauan Yapen, empat orang, Kabupaten Jayawijaya, tiga orang, Kabupaten Jayapura empat orang.

Kemudian, Kabupaten Biak Numfor sebanyak 40 orang, Kabupaten Boven Digoel dua orang, Kabupaten Merauke lima orang, Kabupaten Nabire tujuh orang dan Kota Jayapura, 39 orang. Sementara pasien sembuh dari virus corona setelah menjalani perawatan sebanyak 51 orang, tersebar di Kabupaten Mimika, 20 orang dinyatakan sembuh setelah dirawat.

Selanjutnya, Kabupaten Merauke empat orang, Kabupaten Jayapura tujuh orang, Kabupaten Nabire satu orang, Kabupaten Kepulauan Yapen satu orang, dan Kota Jayapura sebanyak 18 orang. Hingga Sabtu, 3 Oktober, pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di provinsi paling timur ini bertambah menjadi 6.736 orang dari sebelumnya 6.595 orang.

Dari 6.736 pasien positif terkena virus corona itu, 2.518 orang di antaranya masih menjalani perawatan di rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya di daerah tersebut. Sebanyak 1.896 orang sudah melakukan kontak dengan pasien positif, 880 kasus suspek dan 54 kasus probabel.

Pasien yang dinyatakan sembuh juga terus bertambah, pada 3 Oktober 2020 pasien sembuh di wilayah itu bertambah menjadi 4.112 orang dari sebelumnya 4.061 orang. Sedangkan pasien yang meninggal akibat terpapar Covid-19 di Papua sudah mencapai 106 orang.

Pada Sabtu kemarin, tak ada pasien yang dilaporkan meninggal.

Sebelumnya, pada Jumat (2/10) tiga warga terkonfirmasi meninggal dengan sebaran di Kabupaten Nabire satu orang, Kabupaten Mimika satu orang, dan Kota Jayapura satu orang.

Satu warga yang meninggal di Kabupaten Nabire berinisial Tn.MS berusia 53 tahun, pasien dirawat di RSUD Nabire. Dokter yang menanganinya mendiagnosa Covid-19, hipertensi dan penyakit jantung.

Lalu, satu warga yang meninggal di Kabupaten Mimika berinisial Tn. JS berusia 58 tahun, pasien di rawat di RSUD Mimika. Dokter yang menanganinya mendiagnosa COVID-19, AKI, CAD, dan Sepsis.

Selanjutnya, Satu warga yang meninggal di Kota Jayapura berinisial Tn. RN berumur 59 tahun. Pasien di rawat di RSUD Jayapura. Dokter yang menanganinya mendiagnosa Covid-19.

Saat ini delapan kabupaten yang masuk zona hijau, yakni Kabupaten Lanny Jaya, Yalimo, Supiori, Pegunungan Bintang, Mappi, Mamberamo Tengah, Waropen, dan Kabupaten Puncak Jaya.

Sementara Data Tim Gugus Tugas Covid-19 nasional merilis ada pertambahan 91 kasus Covid-19 baru per Minggu (4/10/2020) sehingga kumulatif kasus di daerah setempat 6.781 kasus. Ada tambahan pasien sembuh 31 kasus sehingga kumulatif sembuh 4.005 orang. Ada empat kematian akibat corona sehingga kumulatif 103 orang meninggal akibat infeksi virus ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper